banner 728x250

Yayasan I.J.Kasimo Peduli Kesehatan Masyarakat di Semana Santa 2024 Kota Larantuka

Para Pengurus Yayasan Ignatius Josep Kasimo dalam rapat panitia Bakti Sosial Kesehatan Masyarakat Semana Santa 2024
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM– Yayasan Ignatius Joseph Kasimo bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya akan menyelenggarakan bakti sosial kesehatan masyarakat “Semana Santa” 2024 di Kota Renha Larantuka.

Ketua Panitia Bakti Sosial Kesehatan Masyarakat, “Semana Santa 2024″di Kota Larantuka, Flores Timur,NTT, Paulina Heni Hayon mengatakan, acara tersebut akan melibatkan 27 orang dokter dari Fakultas Kedokteran dan dokter-dokter alumni dari Atma Jaya Jakarta.

banner 325x300

“Jadi, kami tidak hanya melayani pada titik kegiatan Semana Santa saja, tetapi juga melakukan pelayanan di Pulau Solor, Adonara, serta daerah bencana erupsi gunung api Lewotobi laki-laki di Kabupaten Flores Timur, NTT, tambah Ketua Panitia Baksos Kesehatan Semana Santa 2024,Larantuka, kepada media ini,di Jakarta.

Adapun,dalam kegiatan ini Yayasan I.J. Kasimo berkoordinasi dengan Dinkes (Dinas Kesehatan)  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Flores Timur.

BACA JUGA : Pemda Nagekeo Siapkan Lahan 10 Ha untuk Kemenag 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan kesehatan masyarakat yang secara khusus membantu masyarakat lokal. Salah satunya adalah bantuan kesehatan bagi para peziarah yang akan menghadiri acara semana santa atau peringatan Jumaat Agung di kota Renha,Larantuka,” ujarnya.

Masih kata Heni, para tim dokter tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pada acara bakti sosial kesehatan masyarakat,tapi juga mengenal lebih dekat tentang destinasi wisata rohani di kota Renha Larantuka.

Heni Hayon menambahkan, program pelayanan bakti sosial kesehatan masyarakat yang digelar Yayasan I.J.Kasimo bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Jakarta kali ini akan difokuskan di 30 titik. Targetnya akan ada 1.000 pasien yang mendapat pelayanan kesehatan kali ini.

Para Pengurus Yayasan Ignatius Josep Kasimo dalam rapat panitia Bakti Sosial Kesehatan Masyarakat Semana Santa 2024

Sementara itu, Ketua Yayasan Ignatius Josep Kasimo, Yoseph Balawan menjelaskan bahwa dalam sejarah kerajaan-kerajaan Nusantara jarang bahkan tidak pernah tertulis kerajaan Katolik di Nusantara. Namun dalam kenyataannya, kerajaan Larantuka adalah satu-satunya Kerajaan Katolik di Nusantara.

Lanjutnya, pada awal abad ke 16 Portugis menginjakkan kakinya di kota Larantuka (Lewonama Wata Beta, Tanah sidi gawe Larantuka). Dalam abad ke 16 juga oleh Raja Larantuka menyerahkan taktha kerajaan Larantuka kepada Tuan Ma (Bunda Maria) sebagai penguasa kerajaan Larantuka.

BACA JUGA : Selain Mahal, Masyarakat Juga Kesulitan Dapatkan Beras

“Maka, inilah awal Dasar ritual Religi semana Santa Larantuka, yang berlangsung sejak saat itu hingga kini, walaupun dalam keadaan covid-19” kata putera Tanjung Bunga ini.

Masih kata Yoseph, Yayasan Ignatius Joseph Kasimo mau menyampaikan kepada masyarakat Indonesia bahwa, ada kerajaan Katolik Nusantara, dengan nuansa – nuansa religi kekhatolikan. Merwarnai kehidupan sosial budaya masyarakat Larantuka dan Lamaholot pada umumnya. Inilah arti Bhineka Tunggal Ika.

“Yayasan I.J. Kasimo berharap, dengan kegiatan bhakti sosial kesehatan masyarakat ini memberikan kenyamanan bagi para wisatawan rohani bahwa ada Lembaga yang bersedia membantu untuk melaksanakan kegiatan ini, sehingga adanya jaminan suasana kebatinan bagi para peserta mengenai kesehatan,” tutur Joseph Belawa Liwun.

** Dese Lewuk.

.

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *