banner 728x250

VNN Travel Nobatkan Pulau Sumba NTT Jadi Destinasi Terbaik Untuk Dikunjungi 2024

Hamparan Keindahan Pulau Sumba,Menggoda Rasa Penasaran Para Wisatwan (Ist)
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Pulau Sumba sangat terkenal dengan pemandangan alam terbaik versi perbukitan di Indonesia. Tak hanya itu, pantai-pantai berair biru dan perbukitan yang sangat eksotis.

Pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan perbukitan hijau di Sumba tanpa perlu pergi ke luar negeri. Banyak orang menjuluki Sumba sebagai Negeri Seribu Bukit karena perbukitan yang menjulang tinggi.

banner 325x300

Kini, pulau yang terkenal dengan jenis kuda Sandalwood pony itu kini dinobatkan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi pada 2024.
Pulau yang dikenal masyarakat lokal dengan nama Humba itu menjadi salah satu destinasi terbaik dari 24 destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi di dunia versi VNN Travel.
Dilansir dari Kompas.com edisi Selasa (2/1/2024) terdapat 24 destinasi wisata dari berbagai negara di dunia.

Pulau Sumba merupakan sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia dengan luas wilayahnya mencapai 10.710 km⊃2;. Titik tertinggi tepat berada pada puncak Gunung Wanggameti (1.225 m) di wilayah Sumba Timur dan Sumba Tengah.

Pulau Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Adapun, Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Pulau Sumba, sebelum dikunjungi bangsa Eropa pada 1522, wilayah ini tidak pernah dikuasai oleh bangsa manapun. Sejak 1866, pulau ini dikuasai oleh Hindia Belanda dan selanjutnya menjadi bagian dari Indonesia.

Sangat Dekat dengan Bali

Daya tarik utama pulau Sumba ini adalah memiliki padang rumput yang luas dan pantai-painya pun sungguh indah.

Lalu apa saja wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi di Pulau ini? Beberapa lainnya adalah Waikelo Sawah, Pantai Marosi, Bukit Lendongara, Pantai Kita Mananga Aba, dan Air Terjun Lapopu.

Selanjutnya ada Kampung Adat Ratenggaro, Bukit Wairinding, Danau Waikuri, Pantai Watu Maladong dan Pantai Walkiri.
Ada Nihi Sumba, resor ekslusif di Pulau Sumba, juga menarik perhatian wisatawan yang menginap di sini. Resor berusia lebih dari 10 tahun itu telah berkali-kali memenangkan kategori hotel terbaik dari beberapa sumber.

Budaya Adat di Pulau Sumba,Nusda Tenggara Timur, Destinasi Dunia (Istimewa)

Dihimpun dari berbagai sumber, nama Pulau Sumba mulai muncul pada abad ke-14 pada masa kerajaan Majapahit. Sebelumnya, pulau ini dikenal dengan sebutan pulau Cendana, pulau Sumba, pulau Subao, pulau Humba, dan pulau Sandelwood oleh penjelajah Eropa.

Di Pulau ini, masyarakatnya masih menggunakan peralatan dari batu berukuran besar. Selain itu, memiliki beberapa kuburan megalitikum sehingga disebut sebagai negeri 1.000 Megalitik. *

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *