banner 728x250

Tokoh Nasional dan Wartawan Senior asal NTT, Joseph B. Bapa Tutup Usia

Joseph Blasius Bapa (Foto: Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Keluqarga Besa Maumere Jakarta Raya (KBM Jaya), berduka cita atas meninggalnya salah seorang tokoh nasional, Joseph Blasius Bapa,Minggu 24 Desember 2023. Suami dari Alfreda da Silva Bapa (almarhuma) ini meninggal dunia sehari sebelum Peringatan Natal 2023.

Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada pukul 17:47 WIB di RS Siloam Karawaci Tangerang, dalam Usia 85 Tahun 10 Bulan. Saat ini janazah almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Anggrek Garuda VII Blok E 20, Slipi-Kemanggisan, Jakarta Barat.

banner 325x300

Jenazah Joseph Blasius Bapa akan diberangkatkan dari rumah duka ke Bandara Soekarno Hatta menuju Kampung halamannya di Maumere, Kabupaten Sikka,Flores pada Rabu 27 Desember 2023.

Ayahanda dari politisi kawakan Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng, Anggota DPR RI, Fraksi Partai Golkar, Dapil NTT I itu, akan dimakamkan di makam keluarga di Maumere,Flores,NTT.

Tampak putera sulung J.Blasius Bapa, Melchias Markus Mekeng dengan setia mendamping sang ayah, yang juag seorang tokoh nasional dan saksi hidup Persitiwa G30 S tahun 1965 silam.

Sederet karier dan jabatan semasa hidupnya di antara lain sebagai Wartawan PAB (Harian Angkatan Bersenjata), sebagai Bisnisman, Anggota MPRS RI, aktivitas sosial di Yayasan Lions Club dan dalam peguyuban KBM Jaya.

Adapun terbentuknya Komunitas Keluar Besar Mamere (KBM) , tidak terlepas dari Joseph Blasius Bapa dan sang istri yang setia mendampinginya.

Kehadiaran KBM telah turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial di wilayah kepulauan Flores, NTT. Misalnya peristiwa busung lapar di Wolofeo, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, NTT tahun 1976. Selain itu, saat kedatangan Paus Johanes Paulus II ke Kabupaten Sikka pada tahun 1989 untuk meresmikan Patung Kristus Raja di Keuskupan Maumere.

Bagi KBM Jaya, Joseph Blasius Bapa adalah sosok seorang tokoh nasional yang patut diteladani terutama karena berhasil mengantarkan semua putra putrinya sukses dalam pendidikan dan masing-masing berkarya menurut profesinya masing-masing.

Generasi Muda Sikka Harus Belajar dari Joseph Blasius Bapa

Sementara itu, jurnalis senior sekaligus filsuf asal Tana Ai, Peter Lewuk menyebut,semangat dan teladan yang telah ditorehkan oleh Joseph Blasius Bapa sangatlah penting bagi kaum muda asal Kabupaten Sikka,Flores khususnya dan masyarakat NTT pada umumnya.

“Generasi muda dari Kabupaten Sikka, Flores,NTT harus belajar dari semangat kenegarawanan Joseph Blasius Bapa. Beliau seorang politisi,seorang diplomat,seorang jurnalis tulen yang menduduki jabatan tinggi di industri pers Militer waktu itu. Ini patut dibanggakan dan sekaligus ditularkan kepada generasi muda Kabupaten Sikka,NTT.” kata mantan jurnalis senior Harian SINAR HARAPAN (sebelum Suara Pembaruan),dan penulis buku-buku tentang Filsafat dan Politik itu. **

Editor : Dese Dominikus Lewuk

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *