banner 728x250
BERITA  

Terima Kasih Sang Guru ku, Yohanes Sera, Tokoh Pendidik dari Tana Ai

Yohanes Sera, Gurus SMPK Supra Talibura dan SMP Tanarawa (Dok)
banner 120x600
banner 468x60

Maumere (SINERGISATU)-Sosok sederhana, memiliki disiplin tinggi, tegas,dan berhati mulia. Jika dilihat dari jenjang pendidikan, ia bukanlah seorang guru bergelar sarjana. Dirinya hanya mengeyam pendidikan Seminari Menengah di tahun 1970-an. Bukan juga seorang sarjana kesenian,apalagi sarjana pendidikan guru agama. Bahkan pengetahuan ketata usahaan sekolah.

Meski demikian ia mampu mengaplikasikan apa yang didapatkan dibangku sekolah menegah pertama dan menengah atas,khususnya di Lembaga Pendidikan Seminari sebagai pendidikan calon imam katolik atau Pastor/Biarawan sekalipun.

banner 325x300

Yohanes Sera adalah seorang guru SMP. Pengabdiannya diawali dengan sebagai seorang pegawai Tata Usaha Yayasan Pendidikan di SMPK Supra Talibura. Di lembaga inilah Jon Sera mengasa kemampuannya sebagai seorang guru honor selama puluhan tahun sebelum diangkat menjadi ASN Guru di Kabupaten Sikka.

Guru Jong, demikian ia akrab disapa oleh kami sebagai siswa pun masyarakat di seluruh Wilayah Tana Ai yang meliputi tiga Kecamatan yakni Talibura, Waigete dan Waiblama di selatan Kabupaten Sikka ini.

Di tangan Bapak Guru Jong, telah menghasilkan banyak sarjana asal SMP Supra Talibura, SMN Nebe, juga SMP Tana Rawa di Kecamatan Waiblama yang turut dirintisnya.

Wajib hafal 10 kata vocabulary dalam satu hari

Pak guru Jong, salah seorang guru bahasa inggris yang hebat. Setiap siswa wajib menghafal 10 kata vocabulary setiap hari dari buku kamus saku bahasa inggis atau buku pelajaran bahasa inggris untuk SMP.

Setiap tugas yang diberikan, Anda wajib lakukan dan menrangkainya dalam kalimat bahasa inggris sehari-hari. Tujuannya supaya setiap siswa bisa memperkaya tata bahasa inggris. Jika siswanya lupa atau tak bisa hafal,maka bersiap-siaplah untuk menerima ganjarannya. Yang jelas, betis kaki,bahkan pantat akan tergambar belkas rotan atau belahan bambu yang telah ia siapkan setiap kali masuk kelas.

Berlutut selama jam pelajaran berlangsung adalah salah satu cara guru Jong untuk mengingatkan siswa-siswi dalam mengerjakan tugas dan memahami setiap pelajaran baik bahasa inggris, kesenian dan agama yang diampuhnya. Jadi, apabila Siswa tidak menjalankan tugas pelajaran yang diberikan, maka jangan pernah mimpi untuk lolos dari hukuman. Hal tersebut lumra, bagi setiap guru maupun siswa/siswi.

Terapi ingatan ala guru Jong ini tidak hanya lupa mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR),tapi juga hasil ulangan. Jika hasilnya angka 5, maka bersiap-siaplah menerima hukuman dengan cara berlutut di depan kelas atau mendapat lukisan (bekas) besetan belahan mambu pada pandat atau betis. Apa yang dilakukan oleh beliau adalah cara agar siswa menjadi pintar,cerdas dan menjadi orang sukses dikemdian hari.

Berpulang untuk selamanya

Rabu,4 Mei 2022, Pak guru Johanes Sera dikabarkan berpulang menghadap Sang Kalix. Ia meninggal dunia dalam usia 65 tahun (25 Desember 1965-4 Mei 2022).

Selamat Jalan sang Guruku yang Hebat, Yohanes Sera. Terima kasih atas jasa-jasamu. Doa kami menyertaimu. Berbahagialah di Sisi-Nya. ** Dominikus Dese Lewuk.

 

 

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *