banner 728x250

Songsong Tahun Yubelium 2025 : Ini Info Teknis Penting di Vatican

LOGO TAHUN YUBLEUM 2025
banner 120x600
banner 468x60

VATICAN,SINERGISATU.COM-Setelah menyampaikan pengumuman Tahun Yubileum 2025 yang bakal dibuka resmi oleh Paus Fransiskus di Vatikan dengan membuka Holy Door (Pintu Suci) pada Selasa, 24 Desember 2024, seperti yang bisa dibaca di situs Yubileum https://www.iubilaeum2025.va/en.html dan memberikan penjelasan soal Holy Door, Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan kembali memberikan upadate terkait Tahun Yubileum 2025.

Padre Marco –demikian satu-satunya pejabat Takhta Suci Vatikan asal Indonesia ini,dalam pesan WhatsApp-nya yang diterima di Jakarta, Selasa (30/1/2024), —mengatakan bahwa Kantor Pusat Persiapan Yubileum 2025 telah mengeluarkan pengumuman tentang hal-hal teknis terkini.

banner 325x300

Ia mengungkapkan bahwa tanggal 9 Mei 2023 Kantor Pusat Persiapan Yubileum telah menerbitkan website resmi Yubileum 2025: http://www.iubilaeum2025.va

“Halaman web ini akan terus diperbarui dan dari waktu ke waktu akan memberikan informasi yang diperlukan untuk dapat melakukan persiapan dan perayaan Yubileum ini dengan semestinya,” tutur Padre Marco.

Paus Fransiskus di depan Pintu Suci Vatikan ,Menyongsong Tahun Yubileum 2025 (istimewa)

Ia menambahkan bahwa calon peziarah saat ini sudah bisa mengetahui tanggal-tanggal peristiwa-peristiwa utama Yubileum yang tercantum di bagian “Kalender Yubileum”, dengan tanggal pembukaan Pintu Suci (Holy Door) adalah 24 Desember 2024.

“Mulai tanggal 31 Oktober 2024, aplikasi seluler resmi Yubileum 2025 bertuliskan “Iubilaeum25” tersedia untuk diunduh,” ujar Padre Marco.

Ia menjelaskan bahwa aplikasi yang diperlukan untuk mendaftar Ziarah ke Pintu Suci dan untuk berpartisipasi dalam acara-acara utama Yubileum dapat diunduh dari App Store untuk iOS dan dari Play Store untuk Android.

Melalui aplikasi yang tersedia dalam enam bahasa, lanjut Padre Marco, kita bisa mendapatkan Pilgrim Card (Kartu Peziarah) secara gratis.

“Setelah terdaftar di portal, setiap orang juga dapat mendaftar untuk acara Yubileum dan ziarah ke Pintu Suci,” imbuh Padre Marco.

Diuraikannya lebih lanjut, dengan menavigasi berkat menu yang intuitif dan sederhana, pengguna akan dapat menyimpan acara yang mereka minati, mengakses area pribadi mereka lebih cepat dan memiliki kode QR unik untuk masuk ke Pintu Suci. Kartu Peziarah juga tersedia melalui tautan https://register.iubilaeum2025.va/registration atau dengan mengakses masing-masing acara di kalender.

Pater Markus Solo Kewuta, S.V.D.Dr. Lic, Staf Staf Dikasteri Dialog Antarumat Beragama,Tahta Suci Vatikan

Menurut Padre Marco, di situs ini juga, bagian “Menjadi Relawan” akan diperbarui dengan instruksi khusus untuk layanan berharga ini.

Sementara itu, di bagian “Himne Yubileum”, musik dan rekamannya tersedia dalam bahasa Italia, Inggris, dan Prancis, sehingga dapat disebarluaskan dalam liturgi seluruh Umat Allah. Bahasa yang lainnya akan segera tersedia.

“Semoga Anda merasakan kebahagiaan dalam mempersiapkan Yubileum ini. Untuk informasi apa pun, kami mengundang Anda untuk berkonsultasi dengan situs yang akan menjadi referensi resmi dan yang akan terus diperbarui,” kata Padre Marco.

*) Padre Markus Solo Kewuta, S.V.D.Dr. Lic. Seorang Misionaris Imam Katolik,adalah orang Indonesia pertama di Kuria Tahta Suci Vatikan. Menangani Desk Islam di Asia dan Pasifik, juag menjabat sebagai Wakil Presiden Yayasan Nostra Aetate. Sebuah lembaga yang bertugas untuk memajukan Pendidikan Perdamaian dan Pembentukan Duta-duta Perdamaian dari berbagai agama non-Kristiani bertempat di kota Roma dan Vatikan. **  D’ Dominikus Lewuk.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *