banner 728x250

Sirajudin Optimis, Partai Gelora akan Fokus Pemberdayaan UMKM dan EKKEL

Sirajudin,S.H.,Caleg DPRD Provinsi Papua Barat,Partai Gelora
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,SINERGISATU.COM-Caleg DPRD Papua Barat, dari Partai Gelora Indonesia Dapil 1 Manokwari, Sirajudin,S.H.,optimis, partainya akan fokus pada pemberdayaan ekonomi,melalui dua bidang yakni UMKM (Usaha Mikro Kecil) dan EKEL (Ekonomi Keluarga).

“Melihat situasi masyarakat-bangsa saat ini, Partai Gelora tidak akan berdiam diri. Partai ini sudah menyiapkan dua program pemberdayaan ekonomi yakni UMKM dan EKKEL (Ekonomi Keluarga). Melalui program ini semua caleg wajib mensosialisasikan kepada masyarakat agar mereka mengetahui dari awal akan program-program kerakyatan yang akan diperjuangkan oleh Partai Gelora,” kata Sirajudin saat ditemui di sebuah warteg (Warug Tegal) di Kawasan Jakarta Selatan,pekan lalu.

banner 325x300

Pernyataan tersebut menjawab pertanyaan media ini soal pandangannya ketika dirinya nanti terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Papua Barat yang diusung Partai Gelora Indonesia pada Pemilu Frebuari 2024 mendatang.

“Jadi, salah satu implementasi gerakan kami di Partai Gelora Indonesia dengan memperkuat visi ekonomi kerakyatan. Misalnya,pagi ini saya sarapan di sini (warteg) ini membuktikan bahwa UMKM kita harus terus hidup dan memenuhi kebutuhan masyarakat.Inilah yang namanya Ekonomi Keluarga atau oleh Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia perjuangkan.” Kata pria kelahiran Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah puluhan tahun menetap di Manowari,Papua Barat itu.

Sirajudin yang selalu terlibat dalam kontestasi Pilkada dan Pileg itu berharap, semua caleg Partai Gelora Indonesia nantinya benar-benar bekerja untuk rakyat baik itu dari daerah pemilihannya mapun Papua atau Indonesia pada umumnya.

“Partai Gelora punya program jualan yang efektif khususnya sektor ekonomi kerayaatan. Semua orang butuh makan,pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat itu sangat penting. Jika fondasi ekonomi sebuah negara lemah,rapuh, maka sakan berdampak pada masa depan bangsa dan negara itu sendiri.”

“Untuk itu para caleg dari Partai Gelora Indonesia harus komitmen akan tanggung jawab moral pada masyarakat ketika kampanye. Tapi yang lebih diharapkan adalah bahwa keberpihakan mereka harus benar-benar direalisasikan lewat kerja nyata. Perjuangan itu harus diamanahkan oleh anggota legislatif saat dirinya dipilih menjadi wakil rakyat,” tutunya lagi.

Sirajudin saat sarapan di warteg

Maka, sebagai konsekwensi logis dan tanggung jawab moral kita menjalankan amanah rakyat. Hal itu harus menjadi langkah prioritas para anggota Dewan Partai Gelora untuk memperkuat regulator yang terkait dengan menjadikan modal usaha bagi pelaku UMKM dan EKKEL. Nah, mengapa itu penting,karena ekonomi itu akan kuat jika UMKM benar-benar hidup di masyarakat.

“Kita tahu bahwa ketika resesi ekonomi di tahun 1997, yang bertahan itu adalah UMKM. Yang kedua, bahwa UMKM menjadi pilar bagi negara yang cukup besar untuk mengurangi angka-anagka pengangguran. Karena semakin besar angka pengangguran maka distulah keberhasilan pemerintah dipertaruhkan. Sebuah bangsa atau negara bisa hancur atau bangkrut ketika ekonominya hancur,karena disitulah kekuatan pilar sebuah negara maju,” imbuhnya.

Hal tersebut dikarenakan, intensivikasi pandapatan daerah terkait PAD sebab UMKM dapat mesupor tingginya angka pendapatan daerah sehingga bisa surplus membantu kelompok-kelompok masyarakat rentan terkait dengan kebutuhan hidnya.

“Kami di Partai Gelora akan konsisten memperjuangkan ekonomi rakyat sesuai dengan salah satu poin perjuangan Partai Gelora Indonesia.”

Selain bisa lolos di pemilu 2024, Patrtai Gelora Indonesia pun akan berpihak dan mendorong adanya ketercukupan kebutuhan masyarakat di bidang ekonomi. Selain itu di bidang pertanian, jangan lagi ada keluhan soal pupuk. Masyarakat tidak lagi teriak soal pupuk yang langkah. Soalnya produktivitas pertanian tergantung dari perangkat-perangkat pemerintah di daerah.

“Kami, insahallah, jika diamanhkan setelah duduk sebagai anggota dewan harus bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini sinergi yang kontruktif terkait dengan kebijakan-kebijakan publik. Gelora untuk Kerakyatan, Gelora berbuat untuk semua.”

Oleh karena itu, lanjut Sirajudin, dengan melalui Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga (Ekkel), Partai Gelora telah menyiapkan berbagai program pemberdayaan dengan memunculkan usaha ekonomi baru berbasis ekonomi keluarga.

“Jadi keikutsertaan dalam acara pendampingan UMKM ini punya makna strategis, tapi sekaligus menjadi pembuktian dari komitmen politik dan kenyataan sosial dan komitmeen kemasyarakatan kita (Partai Gelora) untuk tidak berdiam diri melihat situasi yang sedang dialami masyarakat,” tegas mantan caleg DPD RI Papua Barat itu.

** (Dese Dominikus).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *