banner 728x250

Senator RI, GKR Hemas Ajak Karang Taruna Sleman Kreatif di Ruang Digital

GKR Hemas berbincang dengan para buruh dan pedagang Pasar Beringharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta tentang harga sembako dan kebutuhan sehari-hari
banner 120x600
banner 468x60

Yogyakarta,Sinergisatu.com-Senator RI, sekaligus Permaisuri Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X,yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, mengajak generasi muda Karang Taruna Kabupaten Sleman untuk meraih peluang secara kreatif di ruang digital. Ajakan ini selaras dengan program literasi digital pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin yaitu Gerakan Nasional Literasi Digital.

“Karang Taruna sebagai bagian dari generasi muda Indonesia harus antusias untuk meraih peluang secara kreatif di ruang digital,” kata Hemas di Yogyakarta.

banner 325x300

Hemas menjelaskan, ruang digital adalah kesempatan yang penuh dengan tantangan yang harus diraih secara positif, kreatif, dan produktif. Semangat transformasi digital yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan itu seyogianya disambut gembira oleh generasi muda.

“Generasi muda adalah kelompok produktif yang paling lincah mencari peluang kreatif, bahkan tidak mustahil mendapatkan keuntungan secara finansial dari ruang digital yang dikembangkan oleh pemerintah,” tambah Hemas.

Ajakan tersebut diamini oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Sleman Samirin. “Literasi digital tidak hanya upaya edukasi yang dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda Indonesia,” katanya di Sleman.

Permaisuri Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Senator RI dari daerah pemilihan DIY. Dok. Istimewa

Samirin mengatakan, literasi digital dapat dipahami melalui prinsip empat pilar yang gencar disosialisasikan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. “Empat pilar itu adalah kecakapan digital, budaya digital, etika digital, dan keamanan digital,” ujarnya.

“Untuk itu, kami menginisiasi aktivitas belajar bersama tentang literasi digital, peluang kerja profesional, dan cara mencari cuan di ruang digital dalam kesempatan temu kangen anggota Karang Taruna se-Kabupaten Sleman di Bale Kalurahan Banyuraden, Jumat, 19 Mei 2023,” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan menjawab sebagian kegelisahan anggota Karang Taruna yang mungkin masih mencari informasi dan peluang kerja secara digital. “Maka kami mengundang ribuan anggota Karang Taruna se-Sleman untuk hadir dan memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar bersama sembari temu kangen,” tandasnya.

Acara tersebut akan dihadiri oleh GKR Hemas, Bupati Sleman, Ketua Karang Taruna Daerah Istimewa Yogyakarta, dan anggota Karang Taruna Kabupaten Sleman. ** Farel Lewuk. 

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *