banner 728x250

Sah, Golkar Usung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka Jadi Bacawapres Prabowo di Pilpres 2024

banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Partai Golongan Karya (Golkar) secara resmi mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka,yang juga Wali Kota Solo itu sebagai bakal calon wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto sebagai Cawapres. Dengan demikian, peta politik yang dibuat Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan bacapresnya Prabowo Subianto, mulai diperjelas oleh Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini resmi mengusulkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bacawapres bagi Prabowo, Sabtu (21/10/2023).

Pengusulan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini disampaikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-2 di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Usulan disepakati oleh mayoritas peserta rapat sehingga Partai Golkar memutuskan Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo untuk Pilpres 2024.

banner 325x300

“Saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres. Apakah setuju? Pak Prabowo, semua setuju?” tanya Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, saat membacakah hasil keputusan Rapimnas.

Pertanyaan Airlangga dijawab setuju oleh semua peserta Rapimnas. Airlangga juga menanyakan kepada seluruh ketua dewan pimpinan daerah (DPD) Golkar, untuk kesediaan mendukung bakal cawapres dengan umur di bawah 40 tahun.

“Bismillah, maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo, ini untuk dibawa dalam pertemuan forum ketum partai (KIM),” ujar Airlangga.

Setelah membacakan kesimpulan dan kesepakatan Rapimnas, Airlangga lalu menyerahkan rekomendasi itu kepada Prabowo Subianto.

Jika melihat perolehan kursi Partai Golkar dan Gerindra di DPR RI hasil Pemilu 2019, dua partai ini sudah memenuhi syarat mengajukan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden untuk Pilpres 2024 ke KPU RI. Partai Golkar memiliki 85 kursi dan Gerindra 78 kursi, sehingga total kursi kedua partai ini adalah 163 kursi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, bapaslon presiden-wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR RI, atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR RI sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di DPR RI sehingga bapaslon presiden-wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Masa pendaftaran bapaslon presiden-wakil presiden sesuai jadwal adalah 19-25 Oktober 2023. Itu artinya masih ada empat hari tersisa bagi Prabowo dan bacawapresnya untuk mendaftar ke KPU RI, sepanjang Mahkamah Konstitusi (MK) tidak membatasi usia maksimal calon yang baru akan diputuskan lewat sidang MK pada Senin (23/10/2023).

Rapimnas ke-2 Partai Golkar juga dihadiri bacapres Prabowo Subianto. Dia hadir mengenakan baju khasnya berwarna putih dengan celana krem. Saat tiba di arena Rapimnas, Prabowo disambut Airlangga. Keduanya bersalaman dan saling memberi hormat. Terdengar pula para kader yang teriak ‘Prabowo Presiden’.

Prabowo memuji para petinggi Partai Golkar sebagai tokoh pembela Pancasila. Pujian itu diungkapkannya saat diberi kesempatan berpidato. Dia pun menyebut beberapa petinggi partai yang dikenal sebagai tokoh penting Golkar.

“Saya kenal tokoh-tokoh Golkar di sini, Pak Akbar Tandjung, Pak Aburizal Bakrie, waktu mereka belasan tahun menjadi pejuang Pancasila, bahkan pernah membela dengan turun ke jalanan,” ujar Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga memuji sikap patriotik Partai Golkar yang telah mengusung dirinya dan Gibran Rakabuming Raka sebagai bacapres dan bacawapres untuk Pilpres 2024. Dia menilai sikap seperti ini tak sering terjadi dalam sejarah politik bangsa Indonesia.

“Tidak sering dalam sejarah politik bangsa Indonesia, partai sebesar Golongan Karya, partai yang begitu banyak sejarahnya, tetapi di ujungnya menunjukkan jiwa yang seperti ini. Saya sungguh-sungguh hormat sama kalian,” puji Prabowo.

Keputusan mengusulkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai bapaslon presiden-wakil presiden sebelumnya resmi dibacakan oleh Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily.

“Pertama, menetapkan, mendukung, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden periode 2024-2029. Kedua, menetapkan, mendukung, mengusung, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal cawapres dari Partai Golkar periode 2024-2029,” sebut Ace saat membacakan putusan hasil Rapimnas.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi, mengaku bahwa pihaknya telah mengetahui identitas bacawapres yang akan mendampingi Prabowo. Namun, Habib Aboe enggan membocorkan sumber informasi yang diterimanya.

“Saya enggak mau kasih bocoran, saya sudah dengar informasi semua dari semalam (Jumat malam, 20/10/2023) jam 11. Apa yang terjadi semua biarkan mereka yang bocorkan dan kita mendengar,” ujarnya kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Namun, Habib Aboe menyinggung kriteria dalam penentuan bacawapres. Dia menilai, pertimbangan pemilihan bukan semata-mata soal hubungan keluarga, tetapi lebih kepada kapabilitas individu.

“Malah kita harus berpikir presiden dan wakilnya kita lihat saja kapabilitasnya. Kita harap dia mampu, jika sampainya di luar dugaan di waktu-waktu tertentu,” tegasnya.

Habib Aboe mengingatkan, kegagalan presiden dalam menjalankan tugasnya akan berdampak langsung pada wakil presidennya.

“Sebab capres itu kalau dia atau presiden gagal, pasti wapresnya yang (nanti) akan jadi presiden,” ujarnya.

Gibran yang resmi diusulkan Golkar sebagai bacawapres bagi Prabowo, diketahui Sabtu ini sowan ke ke rumah dinas Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), di Jalan Widya Chandra IV No 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Wasekjen PAN, Soni Sumarsono, menceritakan bahwa Gibran tiba sekitar pukul 09:15 WIB. Putra sulung Jokowi itu berbincang hanya dengan Zulhas yang juga sebagai Ketua Umum PAN.

“Keduanya tampak begitu akrab dan hangat usai berdialog selama kurang lebih 40 menit. Selesai berdialog, Gibran langsung pamit ke Zulhas. Namun belum diketahui ada agenda apa lagi yang akan dihadirinya,” tutur Soni. **

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *