banner 728x250

Rektor Unipa Maumere Ingatkan Kode Etik Profesi Kepada Puluhan Diploma Keperawatan

Puluhan Lulusan Keperawatan UNIPA Maumere Ambil Sumpah Profesi (Foto : Ekoran NTT
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Rektor Unipa Maumere, Angelinus Vincentius memimpin prosesi sumpah keperawatan bagi 37 lulusan Diploma III profesi ners dan dua lulusan Diploma III Keperawatan di Kota Nyiur Melambai itu.

“Saya mengucapkan selamat kepada perawat yang baru diangkat sumpah, orang tua, beserta keluarga. Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi mereka karena akan mengawali pengabdian sebagai perawat,” katanya.

banner 325x300

Ia meminta para perawat yang telah angkat sumpah agar benar-benar menghayati perannya sebagai perawat ketika menjalankan pengabdian kepada masyarakat.

“Terus belajar dan berlatih seperti apa profesi perawat itu sehingga Anda tidak melupakan ketika sudah bekerja di lapangan,” pesan Angelinus Vincentius.

Kepada para peserta lulusan Keperawatan yang mengambil sumpah usai belajar, Angelinus menekankan agar para perawat memegang teguh etika profesi perawat sesuai kode etik yang sudah dirumuskan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menghormati diri sendiri, profesi, pekerjaan, dan menghormati orang-orang yang disayangi.

“Perawat harus mampu untuk mempromosikan kesehatan dan mengurangi penderitaan di tengah masyarakat. Harus selalu ada saat dibutuhkan dengan memberikan pendampingan, perhatian, kepedulian, cinta kasih, dan rela berkorban,” ujarnya dilansir e-Koran NTT.

Sementara itu, Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi NTT, Aimilianus Mau mengingatkan para perawat agar melayani pasien dengan sepenuh hati.

“Jangan sampai ketika sudah menjadi perawat banyak waktunya dihabiskan di belakang meja. Seharusnya dengan waktu itu kita bisa habiskan bersama dengan pasien,” kata  Aimilianus.

Lanjut dia bahwa, kualitas intelektual perawat mesti diimbangi dengan kualitas pelayanan prima, kata Aimilianus. Berkontribusi nyata kepada masyarakat, mulai dari hal-hal kecil di tempat pengabdian hingga memperbaiki kondisi bidang kesehatan.

“Kepada perawat yang baru diangkat sumpah agar terus belajar untuk mengembangkan ilmu keperawatan dan terus bekerja agar menjadi perawat profesional,” ujranya.

Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Unipa Maumere, Agustina Sisilia Wati Du’a Wida menegaskan pentingnya komitmen, sifat, dan kualitas demi untuk mencapai pelayanan keperawatan yang baik.

Komitmen berarti bertindak profesional dan bertanggung jawab terhadap dirinya, taat dan teguh pada profesinya. Sifat berarti kasih sayang, empati, jujur, dan suka menolong.

“Jadi, yang dimaksudkan dengan kualitas adalah memiliki ilmu pengetahuan, mental yang baik, bekerjasama, dan menjaga personal higiene,” tegasnya. **

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *