banner 728x250

Rachmat Gobel : DPR Bangun Sinergi Peningkatan Produktivitas Pertanian

banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.Com-Dewan Perwakilan Rakyat akan terus memabngun sinergi demi meningkatkan produktivitas pertanian. Hal tersebut disamapiakan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel mengatakan, diseminasi teknologi program peningkatan produktivitas pertanian melalui aplikasi Agro Solution di sektor pertanian, khususnya di Kabupaten Gorontalo, perlu disinergikan dengan beberapa kementerian dan sejumlah stakeholders.

Dalam sambutan acara Penandatanganan Dokumen Deklarasi Komitmen Bersama antara PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Petrokimia Gresik, Koperasi Jaya Usaha Bersama, BNI, Mandiri, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dan PT Japfa Comfeed Indonesia, di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rachmat berharap sinergi antarlembaga-lembaga terkait guna membantu produktivitas pertanian di Indonesia,khususnya di Provinsi Gorontalo.

banner 325x300

“Misalnya, perbankan dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga PT Pupuk Indonesia untuk pengadaan pupuk yang berkualitas, kemudian PT Japfa Comfeed Indonesia sebagai off-taker yang mengambil hasil panen, lalu kesemuanya itu dikelola oleh koperasi untuk petani,” urai politikus Partai NasDem itu.

Dijelaskan Rachmat, bahwa wilayah Gorontalo yang luas perlu dibangun ekosistem yang baik untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

“Peran pemerintah inilah yang saya coba bangun suatu sinergitas melalui koperasi yang tersistem orkestra,” harapnya.

Dia berharap, para petani bisa menjadi bagian dari koperasi, karena koperasilah yang akan me-manage hal tersebut, yang nantinya tidak akan memusingkan lagi para petani terkait permasalahan di pertanian itu sendiri sampai masa panen tiba.

“Karena jika koperasi untung, maka para petani juga akan mendapat deviden, ini menguntungkan untuk petani sehingga para petani mempunyai kepastian. Saya harap kita bisa bekerja sama dan saling mendukung,” imbuhnya.

Rachmat pun berjanji, bahwa dalam kurun waktu 4 tahun ke depan akan membangun penggilingan dan pengeringan pagi dan jagung yang modern dan terintegrasi, untuk meningkatkan 30 persen produktivitas di sektor pertanian guna menjaga kualitas pangan.** (tim ssc).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *