PP PMKRI Gelar Jambore Kewirausahaan dan Kebangsaan Tahun 2023

Selasa, 13 Juni 2023 - 00:27

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto bersama Pengurus PP PMKRI dan Para Pembicara pada acara Jambore Jambore kewirausahaan dan kebangsaan di Depok,Senin 12 Juni 2023

Foto bersama Pengurus PP PMKRI dan Para Pembicara pada acara Jambore Jambore kewirausahaan dan kebangsaan di Depok,Senin 12 Juni 2023

SINERGISATU.COM (Depok)- Gelombang disrupsi dan digitalisasi saat ini memaksa kita untuk segera berbenah dan mengembangkan cara-cara baru, dan meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan.

Demikian halnya dengan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), agar tetap menjadi sebuah organisasi yang tahan banting, kokh dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan kedepan.

“Untuk itu dibutuhkan karakter kader yang berani untuk berubah, berani berkreasi dengan hal-hal baru demi mewujudkan cita-cita Indonesia EMAS 2045,” kata Ketua Presidium PP PMKRI, Tri Natalia Urada saat membuka kegiatan Jambore Kewirausahaan dan Kebangsaan Tahun 2023 di Kinasih Resort Depok, Jawa Barat, senin (12/6/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

PMKRI, kata Natalia,pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin agar semangat berwirausaha. Hal tersebut dilakukan dengan mengolah sumber daya dan kekayaan lokal di masing-masing wilayah di Indonesia.

Natalia juga mengutip visi besar Presiden RI, Ir. Joko Widodo yang ingin menjadikan Tahun Emas Indonesia pada 2045 yang akan datang dengan tercapainay pengembangan industri 4.0.

Dikatakan bahwa Indonesia memiliki 2.193 start-up dan merupakan negara tercepat di Asia Tenggara soal akselerasi ekonomi digital dan industri 4.0.

“Ini adalah salah satu langkah strategis dan konkrit yang dilakukan PMKRI sebagai organisasi mahasiswa dan generasi muda, agar Indonesia Maju 2045 sungguh-sungguh dapat terwujud. Karena salah satu kunci untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 adalah pentingnya membangun gerakan ekonomi kreatif di kalangan generasi muda atau generasi milenial,” kata Tri Natalia Urada.

Ia menyebut, ada tiga hal yang harus dimiliki jika kader-kader PMKRI ingin berwirausaha.

“Pertama, inovatif. Yakni bagaimana memanfaatkan kekuatan digitalisasi yang ada sehingga membuat upaya berwirausaha menjadi lebih cepat, lebih terjangkau,lebih efektif dan efisien,” kata dia.

Baca juga:  Muhtarom Ingatkan KKP, Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur Harus Beri Ruang Bagi UMKM

Kedua, keberanian. Keberanian itu berarti kita tidak menunggu, harus terus bergerak, mengambil inisiatif sambil memitigasi setiap resiko yang bakalan muncul.
“Ketiga, kolaboratif yaitu melebarkan networking dan menciptakan kesempatan berkolaborasi sebanyak mungkin, dengan siapapun dan dimanapun,” ujar nya.

Dikatakan, bahwa per 2023 jumlah angkatan kerja mencapai 140 juta orang dan 7 juta orang diantara masih menjadi pengangguran.

“Angkah ini akan terus bertambah, karena setiap tahunnya penduduk usia produktif yang akan memasuki dunia kerja sebanyak 1,8 juta dari Sekolah Menengah Atas, dan 1,7 juta dari Perguruan Tinggi (Kemenkopmk, 2023),” urai Natalia.

Sayangnya, jumlah wirausaha muda di Indonesia masih sangat terbatas. Mungkin hanya sekitar 3% dari jumlah penduduk di Indonesia.
Padahal untuk menjadi Negara Maju dibutuhkan 12-14% Wirausaha Muda di Indonesia.

“Jadi, Negara ini masih membutuhkan banyak sekali anak muda untuk berwirausaha. Karena itu, Jambore ini dibuat untuk membangun kembali semangat wirausaha bagi seluruh anak muda di Indonesia dan itu dimulai dari para kader-kader PMKRI,” ujarnya memantik semangat para peserta.

“Saya bangga melihat antusiasme dan semangat teman-teman PMKRI yang datang dari berbagai daerah untuk mengikuti Jambore kewirausahaan dan kebangsaan ini,” ujarnya optimis.

Kegiatan ini menghadirkan Gubernur Lemhannas RI Hadir sebagai keynote speaker, Andi Widjajanto sebagai keynote speaker yang diwakili oleh profesional Lemhannas Albertus Magnus Putut Prabantoro, Simon Aloysius Mantiri mewakili Kemhan RI, Kombes Pol.

Hadir juga Andika Vishnu Kasubdit II Direktorat Sosbud Baintelkam Polri mewakili Baintelkam Polri, Ronald Wala Direktur Utama Wismilak Inti Makmur Tbk, Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PKUMKM) Jakarta Timur, Derliana Melinda Sagala. ** (Domi Dese Lewuk).

 

Baca juga:  Info Sehat : Atomy Pure Spirulina 100% Murni Isi 120 Kapsul Bisa Buat Masker Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari SinergiSatu.com.

Berita Terkait

Daya Saing RI Lampaui Dua Negara Ini
Pabrik Amunisi Swasta Pertama di Indonesia Diresmikan
Partai Gelora akan Beri Masukan ke Prabowo Selaku Presiden Terpilih untuk Akhiri Polemik Tapera
Komisi X DPR RI Dukung Penambahan Anggaran Kemenparekraf di 2025 
Batam Menjadi Gerbang Maritim, Komite II DPD RI Lakukan Pengawasan UU Pelayaran di Kepri
PUSKOPCUINA Giatkan Pemberdayaan Anggota Koperasi Kredit
SW Indonesia: Menghidupi Spirit, Meningkatkan Layanan
Catat, Ini Manfaat World Water Forum ke-10 bagi Indonesia

Berita Terkait

Jumat, 21 Juni 2024 - 08:35

Komisi X DPR Undang Tiga Pakar Pendidikan, Bahas Soal Ini

Jumat, 21 Juni 2024 - 08:22

Masyarakat Dirugikan Soal Penyelenggaraan Haji 2024, Ini Tiga Penyebabnya

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:43

Bamsoet Apresiasi Perjalanan Hidup Chairul Tanjung

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:11

Daya Saing RI Lampaui Dua Negara Ini

Senin, 17 Juni 2024 - 11:05

Warga RW 05 Kebon Sirih Menyambut Idul Adha 1445 Hijriah

Senin, 17 Juni 2024 - 07:38

Pabrik Amunisi Swasta Pertama di Indonesia Diresmikan

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:10

Kementerian PUPR Targetkan Penyelesaian SPAM Sepaku Juli 2024, Penuhi Kebutuhan Air Minum IKN Nusantara

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:19

Polres Pali, Sumsel Musnahkan BB Lebih dari 5 Kg Shabu

Berita Terbaru

Ismail Asso, Assolipele (dok.Ist)

OPINI

Kepada Saudara ku Yang Terkasih, Bony Lani

Jumat, 21 Jun 2024 - 20:58

BERITA

Bamsoet Apresiasi Perjalanan Hidup Chairul Tanjung

Kamis, 20 Jun 2024 - 10:43

BERITA

Daya Saing RI Lampaui Dua Negara Ini

Kamis, 20 Jun 2024 - 08:11