banner 728x250
SOSBUD  

Potret Santo Giustino Russolillo, Sang Pendiri Serikat Panggilan Ilahi

Santo Giustino Russolillo atau Pater Don Giustino Maria Russolillo (1891-1955) dok.Ist.
banner 120x600
banner 468x60

MAUMERE,SINERGISATU.COM-Keluarga besar Kongregasi Imam, Bruder,Suster dan Awam dari Serikat Vokasionis atau Serikat Panggilan Illahi (Society of Divine Vocations-SDV) sedunia patut berbangga dan bahagia. Sang pendiri misionaris Vokasionis, Beato Giustino Maria Russolillo, seorang imam Projo Keuskupan Pozzuoli, Italia itu kini resmi menjadi Orang Kudus yang ditetrapkan oleh Gereja Katolik Roma melalui Paus Fransiskus pada Minggu 15 Maei 2022 di Kota Abadi, Vatikan.

Peristiwa yang bertepatan dengan perayaan hari minggu, paskah ke V, gereja Katolik sejagad lewat bapa Suci Paus Fransiskus menggelari 10 (sepuluh ) orang beato dan beata menjadi kudus, di halaman Basilika Santo Petrus Vatikan Roma-Italia (15/5/2022).

banner 325x300

Adapun, kesepuluh orang kudus itu di antaranya; Titus Brandsma, Lazzare Deto Devasahayam, Cesar de Bus, Luigi Maria Pallazolo, Charles de Foucauld,Maria Rivier, Maria Fransiska di Gesu’ Rubbato, Maria di Gesu’Santo canale, Maria Domenica Mantovani dan Justin Maria Russolillo.

Paus Fransiskus pimpin Misa Penggelaran 10 Orang Kudus Minggu 15 Mei 2022 (dok.Kongregasi Vokasionis Indonesia)

Satu dari 10 orang Kudus dalam Gereja Katolik Roma ini adalah “Beato Giustino Maria Russolillo”. Beliau adalah imam Projo Keuskupan Pozzuoli.

Giustino mendirikan Serikat Panggilan Ilahi (SDV) sebagai sebuah kongregasi religius di Pianura Napoli (Italia) pada tahun 1920. Setelah 35 tahun persisnya pada tahun 1955 kongregasi yang didirikannya berkembang, Pastor Giustino Maria Russolillo pun menghembuskan nafasnya di Pianura. Anak ke-5 dari 10 bersaudara itu telah menyelesaikan tugas panggilan,pelayanannya dengan menorehkan prestasi gemilang.

Ia kemudian, digelari Beato oleh Paus Emeritus, yakni Yoseph Ratzinger pada 7 Mei 2011 di Kota Pianura. Kemudian diangkat menjadi kudus pada 15 Mei 2022 di Vatikan Roma. Giustino resmi menjadi Beato. Sebelas (11) tahun kemudian pada 15 Mei 2022 Gereja Katolik Roma melalui Paus Fransiskus mengangkatnya menjadi Orang Kudus bersama 9 beato dan beata lainnya.

Para Kardinal dan Uskup menghadiri Misa Penggelaran Orang Kudus di vatikan

Diketahui, pengangkatan gereja terhadap orang kudus, membutuhkan proses dan perjuangan yang panjang. sedangkan bagi vokasionis, momen ini merupakan jawaban atas kerinduan umat Allah yang senantiasa berdoa lewat perantaan doa Santo Justin.

Oleh karena itu,  segenap anggota Vokasionis di seluruh dunia termasuk Vokasionis Indonesia (Maumere), ikut merayakan perayaan Ekaristi yang pimpin langsung oleh Bapa Suci Paus Fransiskus lewat Vatican live streaming.

Dalam khotbahnya Bapa Suci (Paus) asal Argentina ini mengatakan bahwa “La santita’ non e’ eroismo personale ma il frutto dell’amare e servire gli altri”. Kekudusan bukan sebuah kepahlawanan pribadi melainkan buah dari mencintai dan melayani yang lain.

elegatus Vokasionis Indonesia, Pater Rosario Taliano SDV

“Mencintai orang lain sesungguhnya kita berjuang untuk mengalahkan diri dari rasa egoisme yang sering menghalangi kita untuk mencintai sesama saudara kita, tegas bapa Suci.” kata Paus Fransiskus.

Serikat Panggilan Ilahi juga dikenal sebagai “Bapa Vokasionis”  adalah sebuah kongregasi religius yang didirikan pada Pianura Napoli (Italia)  pada tahun 1920 oleh Beatus pater Justin Maria Russolillo, SDV.

Karisma Tuhan adalah untuk menginspirasi, memelihara dan melatih mereka yang merasa dipanggil oleh Allah ke imamat dan religius kehidupan, terutama di kalangan miskin.

Sumbu atau pusat spiritualitas Vocationist adalah Tritunggal Kudus, Keluarga Kudus dan Gereja Kudus.
Keluarga Vocationist adalah bersyukur kepada Allah untuk karunia beatifikasi pendiri mereka Pater Justin M. Tritunggal Mahakudus (Russolillo), yang telah dirayakan di Naples pada 7 Mei 2011. Dikanonisasi oleh paus fransiskus 15 mei 2023.

Selain itu, Rosario Talliano, Pimpinan delegatus Indonesia vokasionis di Indonesia mengisahkqn bahwa kerinduan vokasionis akan moment ini terjadi .

Para Diakon Imam dari Kongregasi Vokasionis di Indonesia yang baru saja di tahbiskan jadi Imam di Biara SDV Wairpelit,Maumere-Flores-NTT (dok/SDV)

” Kerinduan besar dapat kita lihat hari ini” ucapannya .

Untuk diketahui, Serikat Panggilan Ilahi (Societá Divine Vocazioni-Society of Divine Vocations, SDV) atau lebih dikenal dengan Vokasionis didirikan oleh Beato Giustino Russolillo. Di Indonesia, Kongregasi ini berpusat di Wairpelit,Kabupaten Sikka juga berkarya melayani umat di Manggarai, Flores-NTT.

“Paus dengan tegas menyebut Indonesia sebagai pulau-pulau panggilan. Sebagai konsekuensinya, dalam konteks ini adalah Indonesia tidak hanya berarti Gereja Katolik Indonesia tetapi lebih luas lagi yakni bangsa-negara Indonesia yang merupakan satu kesatuan,” sebagaimana Paus Fransiskus dalam pesannya pada perayaan Vita Consecrata-Hidup Bakti, pada 02 Februari 2022.

Santo Giustino Maria Russolillo, para penerusmu dan juga umat katolik pada umumnya percaya,bahwa benih-benih yang telah engkau tabur, akan tumbuhsubur dan berbuah, mengandung nutrisi iman,agar senantiasa berusaha mengasihi,menyayangi,dan berbagi dalam kehidupan bermasyarakat,beragama,dan berbangsa di dunia. Amin. ** (ir/Editor : Dominikus Dese Lewuk).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *