banner 728x250

Potensi Pariwisata 2024 Harus Diantisipasi dengan Langkah Tepat

Dr. Lestari Moerdijat,S.S.,MM,Wakil Ketua MPR RI
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,SINERGISATU.COM-Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, potensi sejumlah destinasi wisata nasional harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya menjawab sejumlah tantangan pada 2024.

“Berbagai upaya persiapan harus segera dilakukan untuk menjawab sejumlah tantangan yang ada, mulai dari perencanaan yang matang, kesiapan sumber daya manusia hingga infrastruktur yang diperlukan,” kata politisi Partai NasDem itu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/12/2023).

banner 325x300

Catatan Kemenparekraf pada Minggu (24/12/2023) diperkirakan ada empat tren pariwisata pada 2024 yaitu wisata Bleisure (Business and Leisure), wisata kebugaran, pariwisata deep and meaningful (mengedepankan nature dan culture) dan wisata set-jetting (tempat-tempat syuting film).

Menurut Lestari sejumlah perkiraan itu harus segera ditindaklanjuti dengan langkah nyata agar dapat memfasilitasi tren tersebut.

Tren dengan menggabungkan kegiatan bisnis dengan waktu luang, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, harus diantisipasi dengan kolaborasi yang kuat antara para pelaku pariwisata dan kalangan dunia usaha.

Setidaknya, tambah dia, para pelaku pariwisata dapat mengantisipasi sejumlah agenda bisnis kegiatan meeting, incentive, conference, dan exhibition (MICE) nasional dan internasional yang akan diselenggarakan di tanah air tahun depan.

Tren wisata lainnya, tegas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, seperti wisata kebugaran, deep and meningfull dan wisata set-jetting, juga membutuhkan dukungan narasi dan story telling sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tarik sejumlah destinasi wisata di tanah air.

Upaya mengantisipasi sejumlah tantangan tersebut, tambah Rerie, membutuhkan kerja sama para pemangku kepentingan di sektor pariwisata baik di tingkat pusat dan daerah.
Hanya dengan kerja sama dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, swasta dan masyarakat, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, sejumlah peluang dan tantangan sektor pariwisata di tahun depan dapat dijawab dengan langkah yang tepat.*

Editor : Dommy Lewuk

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *