banner 728x250
BERITA  

Pesan dan Berkat Khusus Paus Fransiskus Kepada Para Misionaris Indonesia di Seluruh Dunia

Paus Fransiskus memberi berkat khusus kepada para missionaris Indonesia yang berkarya di lebih dari 70 negara dengan membubuhkan tandatangan pada lembar kertas yang dibawa oleh Panitia Perayaan Paskah Bersama Diaspora Indonesia Katolik Sedunia Tahun 2022 yakni AM Putut Prabantoro (Ketua) dan L. Gora Kunjana (Sekretaris) dalam acara audiensi umum di Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu (22/06/2022). Perayaan Paskah tersebut mengambil thema “INDONESIA TO THE CONTINENTS” dan dipersembahkan bagi para missionaris Indonesia. (foto: dok/Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

VATIKAN-Pimpinan Gereja Katolik Roma sedunia,Paus Fransiskus memberi pesan secara khusus bagi para misionaris katolik Indonesia yang saat ini berkarya di seluruh dunia.

Adapun, pesan khsusu Paus Fransiskus kepada para misionaris Indonesia tersebut melalui “bubuhan tanda tangan” pucuk pimpinan gereja Katolik Roma pada selembar kertas bertuliskan bahasa Italia yang diserahkan dan disaksikan langsung melalui salah seorang Pejabat di Tahta Suci Vatikan asal Indonesia, Padre Markus Solo Kewuta,SVD, misionaris asal Flores,NTT di vatikan,Rabu 22 Juni 2022.

banner 325x300

Paus Fransiskus “membubuhkan tandatangan” pada lembar kertas yang dibawa oleh Panitia Perayaan Paskah Bersama Diaspora Indonesia Katolik Sedunia Tahun 2022. Dokumen tersebut disampaikan panitia diwakili oleh AM Putut Prabantoro dan L. Gora Kunjana dalam acara audiensi umum di Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu (22/6/2022).

Sertifikat Berkat khusus Paus Fransiskus untuk Para Misionaris Indonesia di seluruh dunia

Ini merupakan satu kesempatan luar biasa bahwa Paus Fransiskus memberi “berkat dan pesan khsusu” kepada para missionaris Indonesia yang berkarya di lebih dari 70 negara dengan membubuhkan tandatangan pada lembaran atau sertifikat kenangan Perayaan Paskah bertema “INDONESIA TO THE CONTINENTS” dan dipersembahkan bagi para missionaris Indonesia.

Untuk diketahui, rancangan berkat tersebut telah dipersiapkan bertolak ke Vatikan dan disusun panitia bersama AM Putut Prabantoro,yang juga Taprof Lemhamnnas RI bidang ideologi & Susbud.

AM Putut Prabantoro merupakan alumni PPSA (Program Pendidikan Singkat Angkatan) angkatan XXI Lemhamnnas (Lembaga Ketahanan Nasional) RI angkatan tahun 2017. Salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri yang menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sebelum bertemu Paus, rombongan diantar ke Area Khusus (Reparto Speciale) dalam audiensi umum tersebut oleh Padre Markus Solo Kewuta SVD, satu-satunya pejabat Vatikan dari Indonesia yang sudah cukup lama bertugas di Vatikan.

“Penandatangan berkat oleh Paus Fransiskus sangat istimewa dan menjelaskan makna khusus bagi para missionaris Indonesia. Sementara Dubes Indonesia untuk Tahta Suci, Laurentius Amrih Jinangkung mengucapkan selamat kepada para misionaris. Dikatakan, para missionaris Indonesia di seluruh dunia adalah duta-duta bangsa yang 100% Katolik dan 100% Indonesia. Amrih Jinangkung berharap semoga para missionaris selalu sehat, tetap rendah hati dan setia dalam panggilan,” kata Padre Markus Solo, SVD, dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Jakarta.

” La mia benedizione per i missionari indonesiani che si trovano in più di 70 paesi in tutto il mondo. Spero che tutte le vostre opere possano portare sempre l’amore di Dio a coloro che hanno bisogno della vostra presenza. E a loro la vostra presenza possa manifestare la vera immagine di Dio. Rimanete a essere umile e fedele nella vocazione missionaria. – La mia benedizione Papa Francesco.”

Yang artinya “Berkatku bagi para misionaris Indonesia yang berada di lebih dari 70 negara di dunia. Semoga karya-karya kalian bisa selalu membawa kasih Allah bagi mereka yang membutuhkan kehadiran kalian dan semoga kehadiran kalian selalu menghadirkan gambaran sejati Allah. Tetaplah rendah hati dan setia dalam panggilan sebagai misionaris,” demikian bunyi berkat dan pesan tertulis dalam bubuhan tanda tangan Paus Fransiskus.

FOTO BERSAMA (ki-ka) : Rm Markus Solo Kewuta SVD, AM Putut Prabantoro, Rm Antonius Suhermanto Pr, dan L. Gora Kunjangan di Lapangan Basilica St. Petrus, Vatikan, Rabu (22/06/2022).

Mantan wartawan Suara Timor , yang bertugas di Tim-Tim (Timur Leste-red) itu mengisahkan, dirinya telah tiga kali menghadiri audiensi umum termasuk selama Paus Fransiskus menjabat pimpinan tertinggi Gereja Katolik Roma sedunia itu. Sebelumnya 28 Oktober 2015 dan 16 Oktober 2019,dan kali ini berlasngung pada Rabu 22 Juni 2022. Sementara L.Gora merupakan kali kedua. Sebuah momen mahapenting bagi umat Katolik untuk mengalami peristiwa iman semacam ini.

Peristiwa Langka

Satu hal yang langka dan unik, bahwa “penandatangan berkat” oleh Paus Fransiskus dilakukan di atas mobil kepausan yang digunakan untuk berkeliling sekaligus memberi salam kepada para peziarah dari seluruh dunia yang memadati Lapangan St. Petrus pada akhir audiensi umum,Rabu 22 Juni 2022.

Hal tersebut dilakukan meingingat Paus Fransiskus dalam kondisi sulit untuk berjalan, sehingga menggundakan kendaraan mobil kepauasan.

Menurut Pastor Markus Solo Kewuta, SVD, bahwa Dikasterium untuk Dialog antar Umat Beragama, Vatikan, menandatangani sesuatu yang bukan dirumuskan oleh Paus Fransiskus sendiri atau paling kurang pernah dibaca dan dikoreksi oleh beliau sendiri adalah suatu yang jarang terjadi.

Selamat kepada para misionaris asal Indonesia yang kini bekerja melayani umat katolik khususnya dan masyarakat di berbagai belahan dunia. **

Editor : Domi Dese Lewuk.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *