banner 728x250

Pemkab Tulung Agung Pantau Bahan Kebutuhan Pokok Menjelang Hari Raya Natal & Tahun Baru 2022

Bupati,Wakil Bupati dan Jajaran Pemkab Tulung Agung saat memantau stabilitas kebutuhan pokok di salah satu pasar wilayah Pemkab Tulung Agung,Jawa Timur (Foto: dok pemkab tulung agung)
banner 120x600
banner 468x60

Sinergisatu.com (Tulung Agung)-Pemerintahan Kabupaten Tulung Agung,Jawa Timur menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menko Bidang Perekonomian RI tanggal 8 Desember 2021, nomor : EK.2.1/298/M.EKON/12/2021 dan Surat Gubernur Jatim Tanggal 10 Nopember 2021, Nomor : 3755/2021, perihal persiapan menjelang hari raya natal 2021 dan tahun baru 2022.

Adapun, hal tersebut bertujuan untuk menjaga laju inflasi dan selama periode libur natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

banner 325x300

Menanggapi arahan Menko Perekonomian tersebut, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM beserta staf pemkab setempat melakukan pemantauan bahan kebutuhan pokok dengan sasaran Pasar Ngemplak dan Pasar Ngunut oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan JUmat pekan lalu mulai pukul 09.00 WIB.

Bupati,Wakil Bupati dan Jajaran Pemkab Tulung Agung saat memantau stabilitas kebutuhan pokok di salah satu pasar wilayah Pemkab Tulung Agung,Jawa Timur (Foto: dok pemkab tulung agung)

“Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tulungagung dalam upaya memastikan ketersediaan stok bahan pokok dan upaya menstabilkan harga bahan pokok menjelang natal dan tahun baru 2022 di kabupaten tulungagung,” kata Bupati Tulung Agung dikutip laman resmi pemkab Tulung Agung.

Kegiatan Operasi Pasar dilaksanakan pada 2 titik di antaranya, Pasar Ngemplak Kelurahan Botoran, dan Pasar Ngunut Kecamatan Ngunut.

Dalam penjelasannya, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan, bahwa saat melakukan operasi pasar tradisional mendapati masih terkendali dan stabilnya harga komoditas bahan pokok (sembako) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Natura).

“Pada intinya pemerintah ingin menstabilkan harga sembako jelang Natal. Selain itu operasi pasar ini juga dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok warga yang terdampak covid 19,” kata Bupati.

Menurut Bupati Tulungagung, bahwa untuk ketersedian stok bahan pokok di Kabupaten Tulungagung menjelang Nataru cukup aman. Sebab, pihaknya juga terus berusaha untuk menjaga stabilitas ketahanan bahan sembako dan komoditas lainnya di Kabupaten Tulungagung dengan berkoordinasi secara intensif melalui Perangkat Daerah terkait.

Bupati,Wakil Bupati dan Jajaran Pemkab Tulung Agung saat memantau stabilitas kebutuhan pokok di salah satu pasar wilayah Pemkab Tulung Agung,Jawa Timur (Foto: dok pemkab tulung agung)

“Jadi, secara umum harga-harga sembako dan kebutuhan penting lainnya tidak mengalami gejolak walaupun beberapa komoditas sedikit merangkak naik namun itupun tidak terlalu signifikan karena berjalan sesuai dengan demand dan supply secara wajar. Meskipun saat ini harga-harga relatif stabil, namun TPID akan tetap fokus memantau secara intensif sehingga kebutuhan masyarakat kabupaten tulungagung saat perayaan natal dan tahun baru 2022 dapat terpenuhi,” tegasnya.

Ia menjelaskan, bahwa operasi pasar yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung selalu mendapat antusiasme dari warga.

“Oleh karena itu, kepada masyarakat yang hendak mengunjungi pasar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,”imbuh Bupati Tulung Agung, Maryoto Birowo.

Turut serta dalam pemantauan tersebut, Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tulungagung, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Tulungagung dan Stakeholder terkait. ** Sumber Pemkab Tulung Agung : Editor : timred.

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *