banner 728x250

Menlu Vatikan,Kardinal Paul Richard, Pastikan Paus Fransiskus Kunjungi RI September 2024

Vatikan Pastikan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia September 2024 (Foto: Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

VATIKAN,SINERGISATU.COM– Menteri Luar Negeri Vatikan atau Sekretaris Hubungan dengan Negara Vatikan, Kardinal Paul Richard Gallagher memastikan bahwa, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada September 2024. Kepala Negara Vatikan itu juga dijadwalkan akan mengunjungi Timor Leste, Papua Niugini, dan Singapura, sebagaimana dikutip poskupang.

Kardinal kelahiran Liverpool,Inggris,dan menempuh pendidikan di St.Francis Xavier’s College di Woolton itu mengatakan, rencana itu dalam wawancara dengan majalah America The Jesuit Review.

banner 325x300

Adapun, wawancara dilakukan di Kementerian Luar Negeri Vatikan pada akhir Maret 2024 itu memastikan rencana lawatan Paus Gereja Katolik ke-266 itu ke Indonesia dan negara tetangga lainnya, seperti Timor Leste,Papua Niugini,dan Singapura . Sejumlah media Singapura mengutip ulang laporan hasil wawancara itu pada Selasa (2/4/2024).

Kardinal Paul Richard Gallagher, yang juga mantan Uskup Agung Derek Worlock untuk Keuskupan Agung Liverpool ,Inggris itu bahwa, lawatan akan dilakukan pada awal September 2024.

Menteri Luar Negeri Vatikan atau Sekretaris Hubungan dengan Negara Vatikan, Kardinal Paul Richard Gallagher (Dok.Istimewa)

Selain itu, Vatikan juga mempertimbangkan (kemungkinan) kunjungan Paus ke Vietnam. Tanggal pasti kunjungan belum diungkap. Sementara ini, Paus direncanakan melawat selama 10 hari ke Singapura, Indonesia, Timor Leste, dan Papua Niugini

Lanjut Kardinal Paul Richard Gallagher,  Vatikan telah merencanakan lawatan Paus ke Indonesia dan Timor Leste pada 2020. Sayangnya, pandemi Covid-19 membuat rencana itu dibatalkan.

Pada Juni 2022, Indonesia kembali mengundang Paus Fransiskus agar datang. Menjawab undangan itu, Vatikan merencanakan lawatan Paus pada Agustus 2024. Belakangan, sebagaimana diungkap Gallagher, Paus akan datang pada awal September 2024

Bahkan, tim Vatikan dilaporkan sudah datang ke Timor Leste. Tim itu meninjau kesiapan Timor Leste menyambut Paus. Selain itu, Duta Besar Vatikan di Dili Mgr Marco Sprizzi juga membenarkan rencana lawatan Paus Fransiskus ke Timor Leste pada September 2024.

Perwujudan kunjungan itu akan bergantung pada kesehatan Paus yang kini berusia 87 tahun. Paus mendadak tidak ikut prosesi Jalan Salib pada Jumat (29/3/2024).

Vatikan menyebut pembatalan itu sebagai antisipasi untuk menjaga kesehatan Paus. Meski demikian, Paus memimpin misa berjam-jam pada Sabtu dan Minggu Paskah. Tidak tampak tanda kelelahan pada Paus selama rangkaian prosesi itu. ** dese dominikus.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *