banner 728x250
BERITA  

Menkominfo Johnny G Plate Instruksikan, Seluruh Pimpinan Serap Anggaran dengan Tingkatkan Manfaat

Menkominfo saat gelar acara temu keluarga besar Kominfo yang berlangsung virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (9/5/2022). Humas Kemenkominfo
banner 120x600
banner 468x60

Jakarta,Sinergi Satu-Menteri Johnny G Plate menginstruksikan kepada seluruh pimpinan dan pelaksana di satuan kerja dan unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Kominfo melakukan penyerapan anggaran secara lebih progresif.

“Saya minta agar jangan sampai aturan yang dibuat sebagai tuntunan untuk pelaksanaan kegiatan bernegara dan amanat Undang-Undang APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) justru menghambat kita dalam melakukan akselerasi penyerapan anggaran,”kata Menkominfo saat gelar acara temu keluarga besar Kominfo yang berlangsung virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (9/5/2022).

banner 325x300

Menurut Menkominfo, hingga tanggal 8 Mei 2022, penyerapan anggaran belum optimal. Oleh karena itu, Menteri Johnny menginstruksikan agar sivitas Kementerian Kominfo mengelola anggaran dengan baik agar bermanfaat bagi rakyat.

“Jadi ini perlu menjadi perhatian bersama kita. Hasil pungutan, hasil jerih payah rakyat melalui pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) baik penyerapan anggaran tahun 2022 maupun dalam merancang program dan anggaran tahun 2022,” jelasnya.

Menkominfo menegaskan penundaaan penyerapan anggaran akan berakibat pada manfaat pembagunan yang dirasakan oleh rakyat. “Makin cepat penyerapan anggaran, mudah-mudahan makin cepat pula manfaat yang boleh dinikmati oleh rakyat sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi kita,” paparnya.

Selain itu, Menteri Johnny juga mengingatkan agar akselerasi penyerapan anggaran tetap harus menjaga akuntabilitas dan proses yang prudent agar bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

“Seperti yang kita bersama harapkan, daya serap anggaran akan berikan dampak langsung, akan berikan sambung rasa langsung dengan harapan masyarakat, dengan tujuan bernegara kita, kesejahteraan rakyat,” ia menegaskan.

Dalam momentum halalbihalal itu, Menkominfo mengapresiasi satuan kerja dan unit pelaksana teknis dengan penyerapan anggaran yang cukup tinggi.

Ia mencontohkan, seperti Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Komunikasi dan Informatika Makassar yang memiliki serapan anggaran cukup signifikan.

“Lebih dari 42%, diharapkan ini juga menjadi contoh untuk memberikan semangat dan dorongan kepada satuan kerja dan yang lainnya untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran,”urai Johnny G Plate.

Menkominfo mengharapkan pejabat pimpinan tinggi madya melakukan monitoring dan evaluasi langsung, melakukan pendampingan-pendampingan langsung pada satuan kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

“Agar sisa waktu beberapa bulan ke depan ini dapat dilakukan penyerapan yang lebih akseleratif, yang lebih cepat,” tutupnya. ** SS-01.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *