banner 728x250
BERITA  

Menjemput Rindu Bertemu Jokowi di Simpang Lima, Kota “Rahim Pancasila” Ende

Irma, salah seorang wartawan media lokal berfoto bersama Presiden Joko Widodo di Ende, Flores-NTT,Selasa 31 Mei 2022. Sumber Foto: dok/Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

ENDE,SINERGISATU-Taman Air Mancur Simpang Lima, kota Ende, Rahimnya Pancasila sebagai idiologi bangsa Indonesia, Selasa 31 Mei 2022 menjadi saksi sejarah, pertemuan rakyat Kabupaten Ende, Flores NTT dengan Bapak Presiden RI ke-7, H.Ir. Joko Widodo dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila esok hari 1 Juni 2022.

Pesawat yang membawa rombongan Presiden Joko Widodo tiba di kota pengasingan sang proklamator sekaligus presiden RI I, Ir.Soekarno akhirnya mendarat juga. Sekitar pukul 17.40 Wita Jokowi keluar.

banner 325x300

Teriakan histeris menyambut ketibaan Presiden Jokowi di Bundaran Air Mancur Simpang Lima kota Ende. Terik matahari, lelah,jenuh berubah jadi bahagia menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.
Jokowi merespon sambutan hangat warga dengan membagi-bagikan kaos kepada warga yang setia menunggunya sejak pagi hari.

Warga menunggu Kedatangan Presiden Jokowi di Kota Ende (Ist)

“Cuaca sangat panas. Meski begitu masyarakat terlebih ibu-ibu yang sudah sedikit sepu pun bersemangat untuk menunggu kedatangan presiden. Ekspresi bahagia sekaligus haru tergurat di wajah mereka. Kondisi panas dan rasa lelah seakan terbayar dengan sapaan ramah dari sang Presiden,” kata Irma, salah seorang jurnalis kepada sinergisatu.com lewat pesan singkat akun whats appnya.

“Walaupun di jaga ketat oleh keamanan, masyarakat tetap berdesakan demi mengabadikan kenangan baik foto maupun video dimasing-masing handphone genggam mereka. Ini sebuah kebanggaan sekaligus kebahagiaan bagi kami sebagai masyarakat Flore-NTT pada umumnya,” ujar Irma yang mengaku tak disangka bisa bersalaman bahkan sempat divideokan oleh warga.

Kebahagiaan juga datang dari Anton Didimus,seorang aktivis asal Kota Ende,Flores yang telah lama merantau di Jakarta.

Anto pun merasa bangga serta bahagia atas kunjungan Presiden Joko Widodo di Bumi Kota Ende. Kota Pancasila, dan kota sejuta pesona itu.

Suara kerinduan

“Suara kerinduan,baba,” singkat Anton dalam pesan whats appnya.

Anton Didimus, Tokoh orang muda asal Kabupaten Ende (dok)

“Ende sare pawe, Ende gaga rata. Ende cantik dan Indah. Sebagai putra kelahiran Ende, hari ini kami sangat bangga dengan kedatangan Presiden RI ke Ende kota Pancasila,” tulis Anton berbangga.

“Presiden Jokowi adalah Presiden RI kedua yang berani menginjakkan kakinya ditanah Ende. Kami berharap kedepan, Ende menjadi kota sejarah dan tujuan wisata. Ende Nua Ja’o. Ende Kampungku,” ujarnya.

Suara kerinduan, kata Anton menggambarkan betapa rindunya masyarakat Ende terhadap sang Pemimpinnya, Presiden Joko Widodo. Betapa tidak, pria asal Kota Bangawan Solo ini sangat konsen untuk membangun Indonesia dari Sabang sampai Marauke, dari Miang nas hingga pulau Rote itu. Jokowi benar-benar sosok pemimpin kharismatik, pemimpin yang lahir dari rahim rakyat kecil dan seratus persen berbakti kepada rakyat yang dicintainya.

“Hari ini, suara kerinduan masyarakat Ende akhirnya dapat terobati. Mereka rela berjemur matahari, mereka rela datang jauh-jauh dari pedesaan ke jantung kota Ende untuk melihat dari dekat bahkan dengan mata kepala akan Presiden mereka, Bapak Joko Widodo. Sebagai putera daerah besar harapan, Ende akan menjadi kota wisata dunia, bukan hanya adanya situs Danau Kelimutu Tiga warna yang telah terkenal sejak jaman dahulu,tapi dengan adanya kota lahirnya Pancasila pun Idiologi Bangsa, maka kearifan lokal di kabupaten Ende akan terangkat dengan tumbuhsuburnya ekonomi UMKM sehingga kesejahteraan rakyat terus maju,” ujarnya berharap. **

Penulis/Editor : Dominikus Lewuk.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *