banner 728x250

Mengenal Sosok Yulce Wenda Enembe, “Bunda PAUD Papua” Menuju Gedung DPR RI di Pileg 2024

Yulce Wenda Enembe, Calong Anggota DPR RI Partai Demokrat Dapil Papua (Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM– Partai Demokrat Papua telah mendaftarkan para kadernya untuk berkontestasi di Pemilihan Legislatif di Pemilu yang akan diselenggarakan Frebuari 2024 akan datang.

Untuk pemilu kali ini Demokrat Papua mengirimkan 3 (tiga) orang kader terbaiknya yakni Yulce Wenda, S.H, Apedius I. Mote, A.Md.Tek., S.T,dan Melkianus Laviano Doom, A.Md.

banner 325x300

Adapun Yulce Enembe,istri dari mantan gubernur Papua,Lukas Enembe mendapat nomor urut 1 untuk calon Anggota DPR RI dari Partai Demokrat periode 2014-2029.
Pemilik nama lengkap Yulce Wenda Enembe ini akan bertarung merebut kursi DPR Pusat dari partai politik besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mantan presiden I dua periode (2004-2009-2009-2014).

Wanita kelahiran Prime, Jayawijaya pada 6 November 1969 juga akan mewakili suara perempuan dari provinsi Papua khususnya dan Tanah Papua pada umumnya di kursi Legislator nantinya. Untuk mendapatkan kursi legislator di gedung Parlemen Senayan tentu saja tak mudah.

Meski demikian, Yulce yang bergelar Sarjana Hukum (S.H), dari salah satu Universitas di Papua itu, percayalah bahwa ia akan mampu menyuarakan suara-suara perempuan khususnya dan masyarakat dari provinsi Papua,wilayah yang pernah dipimpin oleh sang suami,Lukas Enembe, gubernur Papua selama dua periode itu.

Penganut agama Katolik taat tersebut telah memiliki empat orang anak hasil perkawinannya dengan Lukas Enembe,yakni : Gamaliel Eldorado Enembe, Astract Bona Timoramo Enembe, Dario Alvin Neles Isack Enembe, dan Dina Jacklin Enembe.

Mereka semua diduga terlibat dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua yang dilakukan Lukas Enembe.

Yulce Wenda Enembe saat memimpin sebuah acara (Ist)

Tokoh Inspirasi bagi wanita Papua

Yulce Wenda Enembe merupakan sosok wanita inspiratif di kalangan wanita-wanita Papua. Ya,sebagai istri seorang gubernur selama kurang lebih 8 tahun, jebolan ilmu hukum di Tanah Papua itu menjadi figur penting bagi kaumnya.

Sumber Instagram @yulce_w_enembe,menulis sejumlah jabatan sang wanita inspiratif kriteria perempuan hebat yang tidak diukur dari paras dan tingkat pendidikan.
Di mata Yulce Enembe, perempuan hebat cukup sederhana, mulai dari cakap memasak, melayani, mengasuh anak, dan mengembangkan keterampilan sesuai minat.
Tak hanya itu, perempuan Papua yang hebat harus memiliki kasih, tidak murahan dan tidak mudah tergoda dengan setia kepada suaminya.

Sukses Mendulang Karier Sang Suami

Yulce Wenda Enembe adalah sosok yang setia menemani karier sang suami selama menjabat sebagai Gubernur. Ia diketahui aktif menjadi tim penggerak PKK dengan menggerakkan beberapa program, salah satunya posyandu yang mewadahi pelayanan kesehatan untuk masyarakat Papua.

Tak hanya itu, berbagai kegiatan terkait pemantauan hingga pembinaan masyarakat tentang kesehatan juga digalakkannya. Sebut saja sosialisasi dan pemantauan kurang gizi kepada masyarakat wilayah setempat.

Yulce Wenda adalah sosok inspiratif, turut memberdayakan perempuan di Papua untuk mengangkat derajatnya. Tidak hanya kesehatan, dan perempuan, terkait program anak pun turut digalakkannya.

Yulce Wenda Enembe Sosialisasi Pangan Lokal di Papua (Foto:Istimewa)

Bunda PAUD untuk Provinsi Papua

Ibu dari empat anak dan suami Gubernur Lukas Enembe ini dikukuhkan sebagai Bunda PAUD untuk Provinsi Papua.
Dari berbagai program kemasyarakatan, Yulce Wenda Enembe ia juga menggalakkan pengembangan pendidikan anak usia dini dan program minat baca anak yang membuatnya diusulkan menjadi “Ibu Baca Tulis tingkat Nasional “.

Voice of the voiceless

Niat dan kemauan keras dari Yulce Wenda Enembe untuk menjadi wakil rakyat,Anggota DPR RI di tingkat Pusat semata-mata ingin merealisasikan slogan Voice of the voiceless, menjadi “suara” bagi yang tak mampu bersuara.

Apapun kata orang tentang karier politik Yulce Wenda Enembe, satu tujuan adalah ingin memperjuangkan suara yang tak bersuara,mereka yang lemah, mereka yang tertindas. Kita berdoa supaya perjuangan beliau sukses menjadi seorang wakil rakyat bagi masyarakat Papua di Pileg 2024 mendatang. *

Dari berbagai sumber/Editor : Dese Dominikus Lewuk

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *