banner 728x250
SOSBUD  

Mengenal Kongregasi Misionaris Cinta Kasih Fransiskan Sakramen Mahakudus (MCFSM) di Indonesia

Para Suster dari Kongregasi Misionaris Cinta Kasih Fransiskan Sakramen Mahakudus (MCFSM). Foto : Dominikus Lewuk)
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA-Kongregasi Misionaris Cinta Kasih Fransiskan Sakramen Mahakudus (MCFSM). Biara Kongregasi  MCFSM berpusat di Keuskupan Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Masuk di Indonesia pada tahun 2014 di bawah oleh Sr.Yuliana Bella,MCFSM. Awalnya dengan nama Kongregasi BSMP (Blessed sacrament Missionary of the Poor) pada tahun 1990 di Philipina yang didirikan oleh Mgr.Jose Aquinaldos.

banner 325x300

Dalam perjalananya, pada tanggl 27 Oktober 2015 Mgr.Aquinaldos mengganti nama BSMP menjadi BSMC (Blessed Sakramen Missionary of Charity).

Pada bulan Desember 2017 secara resmi BSMC memulai karya pelayanan di Keuskupan Palangka Raya, tepatnya Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing merupakan suatu paroki dari Gereja Katolik Roma di Keuskupan Palangka Raya. Wilayah gerejani ini mencakup jalur Sungai Rungan dan Sungai Manuhing di Kabupaten Gunung Mas – Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sr.Yuliana Bella,MCFSM,Pimpinan Biara dan Kepala Panti Asuhan Taman Fioreti (Foto: Dominikus Lewuk)

Namun, dalam perjalan BMSC memisah diri dari pusat di Philipina dan menginduk menjadi Kongregasi Diosesan yang bernaung di bawah Keuskupan Palangka Raya dan di maklumatkan oleh Bapa Uskup Mgr.Aloysius M. Sutrisnaatmaka,MSF pada tanggal 25 Januari 2021 menjadi Kongregasi Misionaris Cinta Kasih Fransiskan Sakramen Mahakudus (MCFSM).

Kongregasi Misionaris MCFSM berkarya di bidang pelayanan Sosial dan Pastoral. Saat ini Kongregasi MCFSM beranggotakan 38 orang suster dengan Pimpinan Generalnya adalah Sr. Yulianan Bella. MCFSM .

MISI

Hadir di tengah-tenagh yang lemah,hina dina,miskin,dan terlantar dengan melayani secara nyata melalui pelayanan kasih,semangat, kegembiraan,kesederhanaan serta mengangkat,dan mengembalikan martabat manusia.

Ikut membantu dan menunjnag proses penyadaran iman umat melalui pelayanan pastoral Gereja.

SPIRITUALITAS & KHARISMA KONGREGASI :

A. SPIRITUALITAS

Spiritualitas Fransiskus Ordo Ketiga Regular Santo Fransiskus Asisi menghidupi nasehat Injil,Ketaatan,Kemiskinan dan Kemurnian seturut anggaran dasar Ordo Ketiga Regular Santo Fransiskus Asisi.

Karya Sosial

B. KHARISMA

Kharisma kongregasi adalah penuh suka, sederhana, rendah hati, bukan menikmati kitajangan Santo Fransiskus : “Putera Allah mengambil nupa seorang hamba. la datang untuk melayani, melainkan untuk melayani dan memberi hidup-Nya demi keselamatan semua orang.”

Logo Kongregasi MCFSM

LOGO KONGREGASI MCFSM

1. Bentuk bulat melambangkan pelayanan yang menyeluruh atau menyebar ke seluruh dunia.
2. Monstran tempat Sakramen Maha Kudus yang dikonsakrasi dalam Ekaristi atau pemberkatan Sakaramen Mahakudus melambangkan penyerahan diri kita secara total melalui Sakramen Maha Kudus dalam karya pelayanan kasih.
3. Gambar tangan bentuk love melambangkan pelayanan yang penuh dengan Cinta Kasih.
4. Warna COKLAT melambangkan Kesederhanaan Fransiskus dalam pelayanan.
5. Warna BIRU bagian Dalam melambangkan Ketenangan, Kepercayaan,Ketulusan serta Kesetian kita dalam melayani Tuhan melaui sesama dan simbol dari kerendahan hati Bunda Maria.
6. Serve Hic Sumus melambangkan visi kongregasi yakni “Kami Hadir Untuk Melayani.

Karya Sosial Para Suster MCFSM

Kongregasi Misionaris Cinta Kasih Fransiskan Sakramen Mahakudus (MCFSM) selain berkarya di Keuskupan Palangka Raya,Kalimantan Tengah (Kalteng) juga di Keuskupan Agung Jakarta.

Para Suster MCSFM melayani karya di bidang sosial yakni Panti Asuhan Taman Fioreti di Jl. Raya Kampung Sawah No. 14. RT.007/RW.001 Kelurahan Jatimurni,Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi 17431.                            Telepon (62+) 0821-5555-9767.

Penulis/Editor : Dominikus Lewuk

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *