banner 728x250

Melody Grace Natalie dalam Kisah Mahasiswa Berprestasi di Kampus USD, Dari Resah Menjadi Cerah,Penasaran?

Melody Grace Natalie, Alumni Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. Kini jadi Commercial Strategy Manager di Danone Specialized Nutrition. Foto : dok /Istimewa.
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM (YOGYAKARTA)-Alumni Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Melody Grace Natalie membagikan kisah perjuangannya sebagai mahasiswa berprestasi semasa sekolah khususnya kuliah di kampus ternama, yang telah berhasil mendidiknya menjadi orang yang berguna,bermanfaat bagi dunia kefarmasian khususnya dan masyarakat khususnya.

Menurutnya,sebagai mahasiswa, jangan pernah berhenti untuk explore hal-hal baru. Bahkan jika diperlukan, perluas pengetahuan di bidang apapun supaya ketika kalian bertemu dengan orang baru, kalian bisa membuat relasi dengan orang tersebut dan terbuka untuk berbagai spektrum diskusi. Dan yang terpenting adalah jangan pernah takut untuk kenal dengan orang baru. Itu adalah kunci sukses bagi Melody agar terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

banner 325x300

“Keep Exploring, Keep Growing, and Do The Best (teruslah menjelajah,terus berkembang dan lakukan yang terbaik)” . Itu prinsip yang selalu aku tanamkan. ujarnya berbagi pengalaman dalam sebuah acara beberapa waktu lalu, sebagaimana dilansir sinergisatu.com dari www.usd.ac.id.

Ia mengaku, yang namanya sibuk itu sudah pasti dialami setiap orang apalagi seorang mahasiswa dalam aktivitas perkuliahan juga untuk mempraktekan ilmu yang telah didapatnya.

Jika berbicara soal sibuk atau kesibukan itu pastinya sudah harus dialami setiap orang sepanjang masih beraktivitas secara normal.Termasuk di dalamnya kehidupan seorang mahasiswa yang saban hari harus memperisiapkan diri pembekalan menghadap masa depannya.

Melody Grace Natalie, salah seorang alumni Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta angkat 2015 memiliki pengalaman sunggguh luar biasa untuk berbagi sharing dengan adik-adiknya sesama keluarga besar USD.

Melody Grace Natalie,Alumni Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, kini Commercial Strategy Manager di Danone Specialized Nutrition, SGM Group Yogyakarta. (Foto: repro usd.ac.id)

Bagi pemilik nama lengkap “Melody Grace Natalie” yang akrab disapa Melody, ini termasuk salah seorang mahasiswa berprestasi. Karena itu, dirinya tetap menunjukkan prestasi dan kiprah positif semasa di bangku kuliah.

Saat ini, Melody sedang menitih karier sebagai Commercial Strategy Manager di Danone Specialized Nutrition. Pekerjaannya ini tidak menghambat Melody untuk memberi dampak bagi sekitar, terkhususnya bagi adik-adik mahasiswa farmasi di Indonesia.

Untuk diketahui, Danone adalah sebuah perusahaan makanan global yang terkemuka,mengepakan sayap bisnisnya di 160 negara. Dalam membangun kerajaan bisnisnya Danone membangun bisnisnya di atas tiga lini usaha yakni Produk Segar Berbasis Susu dan Nabati, Specialized Nutrition, serta Air Mineral.

Kembali soal Melody, pada September 2021, dirinya beserta tim berhasil meluncurkan sebuah platform pengembangan karir untuk mahasiswa farmasi bernama PharGrow.

Jauh sebelum jadi mahasiswaa USD Yogyakarta, Melody Grace Natalie,alumni SMA Stella Duce I Yogyakarta, telah mencatak prestasi membanggakan dengan meraih medali emas dalam ajang International Conference of Youth Scientist (ICYS) 2013 yang berlangsung di Sanur, Denpasar pada 15-22 April 2013. Tak hanya itu, ia beberapa kali meraih prestasi di berbagai ajang kompotensi saat masih di bangku sekolah.

Melody mengisahkan semasa berkuliah dirinya aktif berorganisasi seperti menjadi Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi 2018, menjadi anggota International Pharmaceutical Students Federation (IPSF).

Selain itu, Melody pun aktif di YOUTH RANGER Indonesia dan pernah mengikuti beberapa perlombaan seperti Scientific Competitions, Industrial Case Competition, Nutrifood Leadership Award dan beberapa perlombaan lain yang berkaitan dengan kepemimpinan.

“Momen kuliah merupakan moment-moment untuk mengeksplore diri, karena tidak ada beban selain untuk belajar,” kata Melody Grace Natalie.

Menurutnya, dari sekian pengalaman dan sepak terjang di dunia perkuliahan, momen yang paling tidak terlupakan sampai saat ini yaitu ketika dirinya mengadakan sebuah kampanye di kampus untuk public health education. Dirinya juga tak menyangka antusias dari mahasiswa-mahasiswa farmasi sangat tinggi dan rasa ingin tahu audience/partisipan yang di luar ekspektasi.

Sama seperti sekelumit kisah perkuliahan Melody, PharGrow juga merupakan sebuah hallmark hidup yang disyukuri oleh Melody.

Ia mengisahkan, berawal dari keresahan akan minimnya persiapan mahasiswa farmasi dalam persiapan diri untuk dunia kerja, Melody dan kedua temannya berkolaborasi untuk membuat sebuah wadah pengembangan kerja bagi mahasiswa farmasi.

Salah satu raihan prestasi Melody Grace Natalie (Istimewa)

Kini, upaya Melody dan timnya untuk membuat PharGrow berawal dari edukasi skala kecil di beberapa kampus yang memiliki program studi farmasi. Berbekal kegigihan dan berbagai ide, PharGrow sudah berhasil memberi dampak bagi kurang lebih 5.000 mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia sampai saat ini.

“Iya, tentu ketika memiliki mimpi yang tinggi, pasti banyak kesulitan-kesulitan yang ditemui. Dalam menghadapi kesulitan tersebut, hal yang selalu diingat adalah ingin dia bawa dan mengerti prioritas saat ia menjalani kesulitan-kesulitan tersebut,” kisah Melody memantik semangat teman-temannya yang masih maupun sedang menuntut ilmu di bidang kefarmasian.

“Berbagai macam kesulitan tidak akan ada artinya apabila kita memiliki lingkungan yang mendukung dan konstruktif bagi segala impian kita,” bebernya.

Setidaknya inilah yang dirasakan oleh Melody saat ia mengikuti segala bentuk kegiatan di bangku perkuliahan. Di balik segudang kegiatan dan prestasi yang dicapai oleh Melody, USD sebagai institusi pendidikan tentu tidak ambil diam.

“Kalau untuk kegiatan-kegiatan, tentu itu inisiatif kita sendiri ya. Tapi USD juga membantu aku dalam beberapa konferensi seperti bantuan finansial. Lalu, karena aku harus meninggalkan beberapa pertemuan, USD tetap memberi metode alternatif supaya aku tetap bisa belajar”, Melody mengisahkan.

Intinya, kata dia, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan USD terhadap pengembangan diri mahasiswa agar tetap terfasilitasi. Ia menambahkan juga.

“Harus diakui, mahasiswa USD adalah mahasiswa yang beruntung karena kampus akan selalu mendukung pengembangan diri kalian. Sekarang giliran kalian yang mencari pengembangan itu,” tutup Melody Grace Natalie,Commercial Strategy Manager di Danone Specialized Nutrition itu**

Editor : Faustinus Farrell Lewuk.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *