banner 728x250

Makna Hari Lahir Pancasila bagi Gempar Soekarnoputra

Dr.Gempar Soekarnoputra,SH,Peneliti Hukum dan Politisi Indonesia (Foto: Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Peringatan hari lahir pancasila 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045′ dengan makna bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahunnya pada 1 Juni di Indonesia. Hari tersebut menjadi peringatan penting untuk menghormati dan mengenang Pancasila, yang merupakan dasar negara Republik Indonesia.

banner 325x300

Menurut Dr. Gempar Soekarnoputra,SH, salah satu dari putera proklamator dan Presiden RI ke-1 ini bahwa Peringatan tersebut bukan hanya menjadi kesempatan untuk menghargai sejarah lahirnya Pancasila, tetapi juga untuk mengingatkan seluruh masyarakat tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat merefleksikan semangat persatuan dan keadilan yang diamanatkan dalam Pancasila, serta menjaga agar nilai-nilai tersebut tetap hidup dalam setiap aspek kehidupan bangsa.

Jadi, setiap tanggal 1 Juni, Bangsa Indonesia memperingati hari Lahirnya PANCASILA. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia, dan ideologi Bangsa/Negara Indonesia dan pedoman hidup Bangsa Indonesia, dan way of life Bangsa Indonesia, dan roh kehidupan berbangsa dan bernegara, dan roh persatuan Bangsa Indonesia dan filosofi hidup Bangsa Indonesia.

Bahkan Pancasila juga dijadikan sebagai sumber dari segala sumber hukum di Negara Republik Indonesia tercinta ini.

Sebab Bangsa Indonesia yang majemuk ini yang terdiri dari berbagai suku/etnis, ras, agama tentu harus ada satu kekuatan untuk mempersatukan adanya perbedaan-perbedaan tersebut dan Pancasila menjadi alat persatuan Bangsa Indonesia.

“Diharapkan, dengan adanya Pancasila itu tentu lahirlah nilai-nilai kebangsaan Indonesia dan nilai-nilai nasionalisme-patriotisme Indonesia untuk tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia diatas segala kepentingan pribadi atau kepentingan kelompok apapun.” kata Gempar dalam keterangan tertulis diterima media ini.

Lanjut dia, dengan demikian sehingga Bangsa Indonesia tidak akan mempan diadu domba untuk memecahkan persatuan Bangsa Indonesia yang sudah dipersatukan oleh Pancasila.

” Indonesia adalah Bangsa yang besar dan oleh sebab itu semangat persatuan Bangsa harus terus dijaga dan dipelihara sampai akhir dunia. “kata Gempar mengenang sang Ayahandanya, Bung Karno di hari lahir Pancasila 1 Juni  tahun ini.

“Sebab hanya dengan persatuan Bangsa itulah Negara Republik Indonesia dapat eksis dan maju guna mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran Bangsa yang adil dan beradab dan itulah cita-cita kita semua dalam berbangsa dan bernegara.” tutup Dr.Gempar Soekarnoputra,SH yang juga Ketua Umum Partai Indonesia Terang ** Red.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *