banner 728x250
BERITA  

Kunjungan Ke UGM, Komisi IV DPR RI Terima Masukan Sanksi Hukuman Bagi Pelaku Kejahatan Lingkungan Dalam RUU KSDAHE

Ilustrasi Kerusakan Hutan (Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Anggota Komisi IV DPR RI Slamet mengatakan bahwa Rancangan Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (RUU KSDAHE) DPR telah mendapat masukan.

Salah satu poin penegasannya adalah pengenaan sanksi bagi pelaku kejahatan lingkungan sebagaimana yang diatur dalam RUU KSDAHE. Hal tersebut agar jangan sampai sanksi tersebut sifatnya emosional ketika efeknya lebih besar maka masuk ke tindak kejahatan khusus.

banner 325x300

“Maka itu saya pikir hal ini juga perlu menjadi kajian bahwa kejahatan lingkungan itu efeknya akan turun-temurun sehingga nanti hal ini yang akan kita diskusikan di pusat bahwa kejahatan lingkungan itu efeknya akan berkepanjangan,” kata Slamet kepada wartawan usai memimpin tim kunjungan kerja spesifik ke Universitas Gajah Mada, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis pekan lalu.

Adapun, politisi Fraksi PKS itu berharap agar Komisi IV DPR kedepan dalam mendapatkan masukan untuk RUU KSDAHE akan melibatkan seluruh stakeholders yang ada khususnya dari akademisi agar menjadi komprehensif dan bermanfaat lebih luas lagi untuk masyarakat.

Komisi IV Terima Masukan Sanksi Hukuman Bagi Pelaku Kejahatan Lingkungan Dalam RUU KSDAHE (foto:Istimewa)

“Masukan ini, nanti akan kita kompilasi diantara DIM yang sudah ada kemudian dari beberapa masukan ini tentunya akan kita masukan ke sisi yang menyangkut dengan kepentingan dan kebaikan di UU Nomor 5 Tahun 1990. Kita akan coba analisa lagi dan kompilasi lagi dengan draft yang sudah ada apakah sudah terwakili atau jika belum akan disisipkan pada bagian tertentu,”ungkapnya.

Sementara, pakar Hukum Lingkungan UGM Harry dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa perlu adanya penguatan aspek penegakan hukum serta pemberian sanksi bagi pelaku tindak kejahatan konservasi, termasuk tindak perusakan kawasan konservasi serta tindak perburuan dan perdagangan satwa dilindungi agar memberikan efek jera dan bukan sanksi emosional.

Sedangkan, pakar Pengelolaan Kawasan Konservasi UGM Hero Marhaento memberikan masukan terkait dengan zonaisasi yaitu zona-zona konservasi sebaiknya tidak langsung dirubah, oleh karena itu ia harap agar hal ini bisa dimasukan ke norma RUU KSDAHE.** Timred.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *