banner 728x250
BERITA  

Komunitas Sowi Pante Manokwari Sukses Gelar Lomba Tari Kreasi dan Sepak Bola Menyabut HUT RI Ke-77 Tahun

banner 120x600
banner 468x60

MANOKWARI-Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun, Komunitas Sowi Pante Manokwari ( Ko Sopan Mo ) menggelar beberapa lomba diantaranya Lomba Tari Kreasi Yosim Pancar (Yospan) dan Sepak Bola Mini Sopan Cup III. Kegiatan ini bertempat di Lapangan YOKOHAMA Sowi Pante Manokwari, Senin (15/8/2022).

Kegiatan diawali dengan Doa Pembukaan dipipin oleh Pdt Klemens Wanggai sebagai landasan dalam memulai lomba. Adapun, kegiatan ini disambut baik dan didukung penuh oleh Dina Pariwisata Kabupaten anokwari, Provinsi Papua Barat.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Kadis Pariwisata Kabupaten Manokwari Kadis Pariwisata Kabupaten Manokwari, Immanuel .H. Pangaribuan.¬†“Pemerintah Kabupaten manokwari,dalam hal ini Dina Pariwisata menyambut baik dan memberikan apresiasi serta dukungan penuh Kegiatan Sopan Cup III, yang mana dilaksanakan Komunitas Sowi Pante (Ko Sopan) Manowari. Karenanya, diharapkan kedepan, Komuntas ini berbadan hukum Agar bisa bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Manokwari,” kata Immanuel .H. Pangaribuan kepada media ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Jimmy F Danumira menyampaikan apresiasi yang sungguh luar biasa atas animo masyarakat.
Hal tersebut dapat dilihat dari keikutsertaan para peserta Lomba Tari Kreasi Yospan yang Berjumlah 26 Team dan 22 Team Sepak Bola Mini turut Mengambil Bagian dalam Lomba Memeriahkan 77 Tahun HUT RI di Sowi Pante Manokwari.

“Kami Berangkat dari Keterbatasan Namun Memiliki Semangat Untuk Membawa Generasi Muda Sowi Khususnya dan Manokwari Umumnya Ke Arah Yang Lebih Positif untuk Menghargai Seni,Budaya dan Olahraga dan Mengisi Kemerdekaan Dengan Kreatifitas yang Ada” kata Jimmy F Danumira dalam sambutannya.

Turut hadir dalam acara pembukaan Lomba Tari Kreatif Yospan antara lain, Kadis PUPR Provinsi Papua Barat,Ketua DPRD Kabupaten Manokwari,Kadis Pariwisata Kabuten Manokwari,Kapolres Manokwari/Perwakilan,Kadistrik Manokwari Selatan,Lurah Sowi,Ketua KKBAS (Kerukunan Keluarga Ambai Serui )Manokwari,Ketua DPP GNPAN RI (Gerakan Nasional Papua Anti Narkoba).

“Kita dukung dan Suport generasi muda kita untuk lebih berkembang, maju kedepan dalam mengembangkan diri di bidang seni dan olahraga,” tutur Yohanis Momot, Kadis PUPR Provinsi Papua Barat.

Antuasiasme Masyarakat

Hari itu,Senin (15/8/2022), cuaca cerah, langit bumi Manokwari menunjukkan sangat bersahabat. Warga kota Manokwari membludak. Mereka adalah saksi hidup menyambut bertambahnya usia Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-77 tahun, tepat di tanggal 17 Agustus 77 tahun silam bebas dari penjajah.

Semangat masyarakat Manokwari ingin memeriahkan Ulang Tahun Negara-Bangsanya menjadi kenyataan dengan hadirnya Komunitas Sopan (Ko Sopan ) Manokwari yang sukses menggelar kegiatan bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya kaum generasi muda di kota Manokwari,Papua Barat. Bagaimana tidak, warga masyarakat membludak, ingin menyaksikan helatan bergengsi dua kegiatan dari Ko Sopan,yakni Lomba Tari Kreasi dan Pertandingan Sepak Bola Mini menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kota Injil 167 tahun silam.
Kehadiran masyarakat ingin menyaksikan dan memberi suport bagi tim/group favoritnya yang berlaga di dua event penting,yakni Lomba Kreasi tari dan Lomba Sepak Bola Mini tersebut.

Immanuel H. Pangaribuan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manokwari-Papua Barat

Helatan tersebut bisa saja membuat tim juri senior harus bekerja keras untuk menentukan para juawaran dala event tersebut. Adapun, kelima Juri senior itu masing-masing Bapak Yotham Wanggai,Bapak Yohanis Wanma,Ibu Lesly Maay,Bapak Leo Sabarofek,dan Patice Muabuay.
Setelah mempertimbangkan dan menilai pentas 26 team semalam dan langsung memutuskan para juara-juaranya.

Juara I diraih oleh Group Yospan Paradise,Juara II Group Yospan Roterdam Family,dan Juara III oleh Group Yospan Family.
Sedangkan Juara Favorite diraih oleh Group Yospan Refish,Apresiasi Panitia di Berikan Kepada dua Group Juniguela Junior dan Salemba Junior. Masing-masing Group mendapat hadiah Trophy dan uang pembinaan.

Membangkitkan UMKM Lokal

Iche Karubaba, salah seorang mama mengaku kegiatan tersebut sangat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Menurutnya, kegiatan tersebut berdampak positif. Karena melalui event tersebut kegiatan ini sangat dirasakan dampaknya. Mama-mama di Lingkungan Sowi dapat enjajakan berbagai kuliner khas dan berbagai acam jajanan lokal lainnya.

“Kegiatan Seperti ini selain Mendapat Hiburan kami juga bisa mendapat sdikit Rezeki dari Jualan Kami” ujar Mama Iche Karubaba, salah seorang pedagang yang berjualan es buah dan makanan ringan di ajang seni dan olah raga tersebut.

Apresiasi lainnya datang dari Armando Idorway, Ketua Karang Taruna Provinsi Papua Barat. Ia pun berpesan bahkan berharap, kegiatan serupa sangat positif bagi kaum generasi uda Manokwari.

“Untuk meraih hal besar, kKita harus mulai menanamkan nilai-nilai positif bagi Generasi Muda Papua, dan di mulai dari pribadi,keluarga dan lingkungan dimana kita berada” ujarnya lewat pesan singkatnya.

Para Juarawan

Tak hanya itu, apresiasi positif juga datang dari Andy Waroy, Ketua DPP GNPAN RI.Dirinya sangat berterima kasih sebab dengan kegiatan-kegitan positif seperti ini akan sangat membantu pengembangan diri dan bakan kaum remaja Manokwari di baik bidang seni dan olah rfaga. Tak tertutup kemungkinan akan ada program keratif lainnya yang dapat dilakukan di tahun-tahun mendatang.

“Dengan Adanya Event Yang Berbau Positif Menjauhkan Generasi Muda dari Penggunaan Obat Obat Terlarang Agar Tercipta Generasi Emas Untuk Membangun Tanah Papua Ke Depan” ungkapnya.

Dukungan positif juga datang dari Ketua KKBAS (Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui ) Manokwari, Berharap Kreatifitas Komunitas Sowi Pante (Ko Sopan ).
Menurutnya, generasi muda adalah Pilar terdepan. Untuk itu teruslah dijaga,dirawat,ditumbuhkembangkan nilai-nilai budaya dan kebersamaan di Lingkungan Sowi Manokwari. Hal ini agar tercipta suasana kekeluargaan dan saling menghormati.

Ucapan Terima Kasih

Dari Komuntas Sowi Pante (Ko Sopan) dan Seluruh Pendukung Baik Sponsor maupun donatur baik itu perorangan,pelaku usaha,lembaga,pemerintah dan semua pihak yang turut mensukseskan acara tersebut.

“Tak lupa kami ucapkan Terima Kasih yang tak terhingga,” tutup Aser Karubaba, mewakili Team Inisiator Komunitas Sowi Pante (Ko Sopan) dan Sopan Cup Manokwari. ** (sp).

 

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *