banner 728x250

Komisi X Usulan Penambahan Anggaran Rp2,96 Triliun untuk Kemenpora 2025

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan, pihaknya mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk memperkuat hubungan trilateral, baik dengan Komisi X itu sendiri, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), maupun Bappenas. Pasalnya, anggaran Kemenpora tahun 2025 dinilai lebih kecil dibanding tahun 2024. Padahal, beberapa agenda strategis terkait olahraga akan diselenggarakan pada tahun 2025.

Adapun, usulan tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo membahas pendahuluan RKA K/L dan RKP tahun 2025 di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis pekan lalu.

banner 325x300

Dikatakan bahwa, dengan memperkuat hubungan tersebut, harapnya, usulan penambahan anggaran Kemenpora tahun 2025 bisa terealisasi nyata. Diketahui, anggaran Kemenpora tahun 2025 sebesar Rp1,8 triliun. Angka ini dinilai lebih kecil dibanding dengan anggaran Kemenpora tahun 2024, yaitu sebesar Rp2,02 triliun.

Sebab itu, Kemenpora mengajukan usulan tambahan anggaran tahun 2025 sebanyak Rp2,96 triliun. Penambahan anggaran ini, menurut Fikri, memiliki efek yang krusial.

“Komisi X mendukung usulan penambahan anggaran tersebut dan mendesak Kemenpora segera menyampaikan usulan itu ke pertemuan dengan Kemenkeu dan Bappenas,” kata Fikri.

“Komisi X mendukung usulan penambahan anggaran tersebut dan mendesak Kemenpora segera menyampaikan usulan itu ke pertemuan dengan Kemenkeu dan Bappenas”.

Ditegaskan bahwa penguatan hubungan trilateral tersebut telah didukung secara lugas dalam Perpres Nomor 43 Tahun 2022 Tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Upaya ini, sebutnya, harus dilakukan dengan serius.

Politisi Fraksi PKS itu menekankan, jika upaya tersebut berhasil, maka akan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas agenda prioritas yang akan dikerjakan oleh Kemenpora mendatang. Satu di antaranya adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) dan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). ** Timred.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *