banner 728x250

Komisi VII Harap ‘Smelter’ Freeport Indonesia Hadirkan ‘Multiplier Effect’ Bagi Masyarakat

Dyah Roro.
banner 120x600
banner 468x60

Sinergisatu.com (Gresik-Jatim)-Komisi VI DPR RI menegaskan, pentingnya dukungan pemerintah dalam pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Demikian disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI, Dyah Roro.

Ia berharap agar pembangunan Smelter PTFI bisa mempekerjakan masyarakat di Gresik khususnya, maupun Jatim pada umumnya, sehingga multiplier effect dari pembangunan Smelter ini bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar.

banner 325x300

“Jadi, saya harapkan pembangunan smelter PTFI ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga multiplier effect dari pembangunan smelter ini juga dirasakan oleh masyarakat lokal, baik masyarakat di Gresik maupun Jawa Timur,” tegasnya di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR ke smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jatim, Sabtu (18/12/2021).

Dijelaskan, bahwa pembangunan smelter PTFI di KEK Gresik ini baru mencapai progres 12 persen dan ditargetkan selesai di tahun 2023 mendatang.

“Ini adalah hal yang harus kita cek terus, dan tahun depan kita juga akan kembali melihat bagaimana progres dari pembangunan smelter ini,” ujar Dyah Roro.

Dari segi hambatan, politisi Partai Golkar itu menyoroti infrastruktur akses jalan menuju lokasi smelter.
“Infrastruktur juga perlu diperhatikan, karena nanti akan berkaitan dengan akses logistik untuk pembangunan smelter ini. Harapannya, smelter ini nantinya dapat berkontribusi terhadap pendapatan negara.

Selain itu, Dyah Roro juga menyoroti agar pembangunan smelter di dalam negeri yang merupakan suatu terobosan baru ini, juga dapat menciptakan Indonesia yang independen dan mandiri, dan tidak bergantung pada smelter luar negeri.

“Kami akan terus memonitor progres pembangunan PTFI di lapangan sebagai bentuk dari komitmen kami dalam rangka semuanya berjalan sesuai target. Kalaupun ada kendala, agar dikomunikasikan sehingga bisa kami bantu dari pusat, seperti kendala infrastruktur akan kami koordinasikan dengan Komisi V DPR,”bebernya.

Legislator dapil Jatim X itu berkomitmen, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) agar pelaksanaan dan tujuan dari pembangunan smelter PTFI ini dapat berdampak positif, baik kepada masyarakat setempat maupun kepada negara.

“Kita berharap progresnya dapat terus meningkat ke depannya, dan tahun depan Komisi VII DPR juga terus memonitor progres dari pembangunan smelter ini,” tutup Dyah Roro.

Hadir dalam Kunjungan Kerja Komisi VII DPR ke Gresik ini, di antaranya yaitu Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI, Dirut PTFI, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, dan mitra kerja terkait lainnya.** redaksi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *