banner 728x250
BERITA  

Kodim 1603 Sikka Tanam 2000 Pohon Bambu di Tempat Ini

Kodim 1603 Sikka Tanam 2000 Pohon Bambu, Kecamatan Mapitara Dapat 500 Pohon. Tampak Dandim 1603 Sikka Letkol Inf Muhammad Jafar menanam anakan pohon bambu (foto: Dok/Kodim 1603 Sikka)
banner 120x600
banner 468x60

MAUMERE-Komando Distrik Militer (KODIM) 1603 Sikka menggelar bakti sosial dengan penanaman 2000 anakan pohon Bambu di sekitaran Pompa hidram di Dusun Glak,Desa Hale, Kecamatan Mapitara. Adapun kegiatan tersebut bertema “Bersatu Padu Dalam Menjaga Lingkungan” pada Rabu pekan lalu.

Kegiatan tersebut atas kerja sama dengan Unit Pekasana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan dan Perlindungan Hutan Wilayah Kabupaten Sikka, PT.Pelindo, beserta masyarakat Glak menanam 500 anakan bambu di wilayah setempat.

banner 325x300

“Penanaman pohon ini sangat penting berkaitan menjaga kelestarian lingkungan, kelestarian air khususnya yang berada di sekitaran pompa air Hidram,” kata Dandim 1603 Sikka Letkol Inf Muhammad Jafar kepada media ini.

Ditegaskan, bahwa peran aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam pelestarian lingkungan sekitar Pompa air hidram.

“Pentingnya kerjasama dalam menjaga lingkungan sekitar Pompa Air Hidram khususnya untuk warga sekitar,” ujarnya.

“Kami mengajak semua pihak untuk bersungguh- sungguh dan senantiasa menggalakan penghijauan dilingkungan kita ini karena bumi yang kita tempati ini bukan merupakan warisan dari nenek moyang, melainkan titipan dari anak cucu kita yang harus kita jaga dan Lestarikan” imbuh Dandim 1603 Sikka Letkol Inf Muhammad Jafar.

Komando Distrik Militer (KODIM) 1603 Sikka menggelar bakti sosial dengan penanaman 2000 anakan pohon Bambu di sekitaran Pompa hidram di Dusun Glak,Desa Hale, Kecamatan Mapitara. Adapun kegiatan tersebut bertema “Bersatu Padu Dalam Menjaga Lingkungan” pada Rabu 13 Juli 2022. Foto: dok/Kodim 1603 Sikka.

Sementara itu, Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan dan Perlindungan Hutan Wilayah Kabupaten Sikka, Heri Siswadi berpesan kepada masyarakat sekitarnya untuk senantiasa merawat pohon-pohon termasuk anakan bambu yang baru saja ditanam tersebut.

Masyarakat juga diminta selalu memperhatikan apa yang sudah di tanam, karena (pohon-pohon) tersebut sangat bermanfaat untuk anak cucu kedepannya. Mengingat wilayah dusun Glak berbatasan langsung degan kawasan hutan.

“Perlu kami sampai kalau hutan, warga harus menjaga dan jangan merusak seperti menebang pohon yang sudah ada. Warga hanya memanfaatkan tanaman di kawasan hutan sepeti kemiri. Kalau hutan lindung masyarakat bisa menanam pohon lalu memanfaatkan pohon yang ditanam tapi jangan menebang pohon yang sudah ada,” ujar Heri.

Untuk diketahui penanaman 2000 (dua ribu) anakan bambu tersebut dilaksanakan di tiga wilayah Kecamatan. Masing-masing di Kecamatan Paga, Kecamatan Lela,dan Kecamatan Mapitara.

Sedangkan untuk di Kecamatan Mapitara sebanyak 500 anakan bambu tersebut ditanam di 2 Dusun,salah satunya Dusun Glak di 500 titik. Ratusan anakan bambu tersebut siap menghutani dua Dusun setempat.

Profil Singkat Kecamatan Mapitara

Mapitara adalah sebuah kecamatan di kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 41 kilometer dari ibu kota kabupaten Sikka ke arah tenggara melalui Kecamatan Bola.
Adapun Pusat pemerintahannya berada di Desa Hebing. Wilayah kecamatan Mapitara terletak di bagian selatan kabupaten Sikka.

Kecamatan Mapitara saat ini dipimpin oleh Eric Hermianus sebagai Camat. Wilayah ini memiliki 4 Desa, yakni Desa Egon Gahar, Desa Hale, Desa Hebing, dan Desa Natakoli. **

Penulis : Irma/Editor : Domi Dese Lewuk.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *