banner 728x250
BERITA  

Kisah Perjuangan Theodora Amfotis,Mantan Pembantu Rumah Tangga,Kini Jadi Advokat Internasiona

Theodora Amfotis,S.H., Advokat pada RABS Lawfirm International, Jakarta (Foto: Dese Dominikus Lewuk)
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,SINERGISATU.COM-Perjalanan hidup seseorang tak pernah ada yang tahu. Demikian juga dengan Theodora Amfotis, wanita asal Desa Oekopa, Kecamatan Biboki Tan Pah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU),Provinsi Kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Dora,demikian ia disapa,lahir di Desa Oekopa 18 Agustus 1979 dari keluarga sederhana,pasangan Bapak lexander Amfotis dan Theresia Nese.

banner 325x300

Ibunya bernama Theresia Nese dan auah Alexander Amfotis. Ia adalah anak pertama dari 5 bersaudara masing-masing, Theodora Amfotis,Dominggus Amfotis,Stefanus Neno,Theodota Amfotis,dan Maria Gaudensiana Amfotis. Sedangkan orang tua angkatnya adalah Lusia Tnese dan bapak Gabriel Subani.

Dora dan Dodi dikaruniai 4 orang anak masing-masing Laurensius Brando, Ayu Nitrayanti Amfotis, Angelita Arumi Saragih, Alexandra Nathania Emery Saragih, dan satu anak angkat yakni Pricilia Edel Usatnesi.

Masa pendidikan dasar hingga menengah diselesaikan di tanah leluhurnya,Timor Tengah Utara (TTU). Dirinya mengaku, gagal menjadi peserta ujian evaluasi belajar tahap akhir nasional (Ebtanas) Sekolah Menengah Atas, di kampung halaman lantaran kabur ke Jakarta.

“Iya, ini menyangkut persoalan pribadi.Maklum masa remaja selalu punya cerita. Sehingga saya harus mengikuti program paket C, setara SMA adalah Program Pendidikan Kesetaraan (Paket) di Jakarta dan berhasil lulus,mengantongi ijazah SMA,” kisah Dora saat ditemui di Kantor Konsultan Hukum RABS kawasan Roxy,Jakarta Barat, Senin (31/10/2023) malam.

Theodora Amfotis,S.H., Advokat pada RABS Lawfirm International, Jakarta (Foto: Dese Dominikus Lewuk)

Di Jakarta, Dora mengawali dunia kerja dengan menjadi asisten rumah tangga (PRT). Setelah itu ia mencoba bekerja sebagai karyawan perusahaan distributor udang di Jakarta Utara. Namun hanya beberapa bulan lalu memutuskan bekerja di restoran Bandar Jakarta.

Ia juga pernah bekerja sebagai pelayan toko seperti toko Optik Celebes di kawasan ITC Mangga Dua, menjadi marketing, memeriksa mata sebelum konsumen memesan kaca mata di optik.
Di Optik Celebes inilah Dora menitih karier mulai dari pelayan hingga menjabat kepala toko,menata keuangan,bahkan sang bos Ko Anwar mempercayakan sebagai marketing.
Walaupun bos Anwar ke luar negri selama berminggu-minggu, Dora tetap dipercaya untuk mengolah toko dengan maksimal.

Di sini Dora mengaku banyak menimbah pengalaman. Wanita low profile asal NTT ini mengaku punya pengalaman unik saat mencari kerja di kota metropolitan Jakarta.
Suatu hari melalui temannya, Dora diminta datang di suatu tempat kerja. Namun tanpa diberitahu apa nama perusahaan serta bidang yang mau dikerjakannya. Dirinya hanya diminta mengenakan busana (baju) sexy saat interview.

“Tidak diberitahu soal pekerjaan apa,pokonya hanya bilang pakai baju sexy karena mau interview.Saat tiba ditempat yang dituju, sang bos bilang interviewnya di Puncak, Bogor,Jawa Barat sana. Ia kamipun pergi dengan bos ke Puncak,” kisah Dora.

“Kita ini kan orang timur.Punya budaya adat, disiplin tinggi. Jangan sampai kita lemah atau hanya berpasrah di saat mengahadapi masalah. Jadi haru pandai-pandai menempatkan diri, jika ada hal yang aneh-aneh,segera bersikap tegas. Tunjuan saya merantau adalah mencari pekerjaan,mencari nafkah, mencari ilmu,membekali diri dengan pengetahuan,pengalaman supaya bisa merubah nasib,” urai Dora.

Theodora Amfotis,S.H., Advokat pada RABS Lawfirm International, Jakarta ,salah satu aktivitas keadvokatan yang dijalankannya.Istimewa

Diam-dian daftar kuliah hukum

Dora mengaku,dirinya secara diam-diam pergi mendaftar kuliah di Universitas 17 Agustus 1945 dibawah pengelolaan Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta di kawasan Sunter,Jakarta Utara.

Ia mengaku, maslalah kuliah ini sama sekali tidak pernah direncanakan. Bahkan Puji Tuhan dirinya mendapat nomor 1 saat mendaftar. “Ini semuanya serba kebetulan.Tapi itulah kehebatan Tuhan selalu the best,” ujarnya.

“Waktu itu saya pergi daftar sendiri. Sampai disana tidak tahu mau ambil jurusan apa? Akhirnya daftar saja jurusan hukum. Saya ikuti saja proses pendaftaran hingga diterima jadi mahasiswa Fakultas Hukum,ya biasa-biasa saja. Bahkan waktu pulang sampai di rumah ditanya suami, daftar kuliah jurusan apa bu? Hukum, jawab Dora singkat,” tuturnya.

Menjelang ujian skripsi,Dora memutuskan mengundurkan diri dari tempatnya bekerja di Celebes Optik. Ia lalu melamar kerja jadi Admin di Bengkel Mobil Setia Mandiri Mobil (SMM) atas rekomendasi pemilik bengkel yakni Ko HUsein. Kebetulan bengkel ini lokasinya dekat kampus juga rumah.

Dora juga pernah bekerja menjadi admin di PT.Abhinaya, milik Pak Leo, juga bagian pajak di perusahan Super Flexi Indonesia, pemiliknya Pak Sarifin Lo dan kawan-kawan.

Pergumulan menjadi seorang Advokat

Dora melanjut cerita, bahwa dirinya benar-benar mengalami pergumulan luar biasa untuk menjadi seorang Advokat profesional. Bagaimana tidak, mengantongi ijasah Sarjana Hukum,tidak mungkin langsung menjadi seorang Advokat atau Pengacara. Masih butuh proses yakni harus sekolah lagi.

“Pergumulan besar untuk menjadi seorang Advokad itu harapan yang Luar biasa. Namun saya selalu membawanya dalam Doa. Saya katakan Tuhan, semua yang terjadi adalah sesuai kehendak Mu. Sekarang Dora mau ngapain dengan Ijazah Sarjana Hukum? Dora ingin mewujudkan perjuangan dan cita-cita menjadi seorang Advokat profesional,” kenang Dora penuh syukur.

Pada awal tahun 2020 saat COVID-19, semua perusahaan memilih mengurangi tenaga kerja. Termasuk suami Dora,yakni Bang Dodi yang saat itu bekerja di Restoran Banda Jakarta,Kawasan Ancol,Jakarta Utara.

Suatu waktu, Dora berdiskusi dengan sang suami. Uang hasil kerjanya selain dipergunakan untuk kelanjutan hidup, juga dipergunakan untuk biaya pendidikan khusus profesi advokat (PKPA).

Kebetulan selama di PKPA Dora bertemua dengan sejumlah teman-teman seangkatan. Salah satunya adalah Pak Dahrin (Atian). Mereka satu angkataqn saat pendidikan di PKPA yang tak lain pemegang Saham RABS LAWFIRM.

Pak Atian menawarkan digrup whats app akan ada lowongan penerimaan calon Advokat di RABS. Lamaran saya langsung direspon,dan pucuk dicinta ulam pun tiba.
“Jadi, mulai saat itu juga Dora resmi diterima untuk bergabung di kantor konsultan hukum RABS. Penerimaan itu sekaligus pelantikan/peresmian Advokad grand opening RABS Lawfirm International, yang dipimpin oleh founder sekaligus Direktur Utama, RABS Internasional Law Firm, Irjen Pol (P), Dr (cand) Rokhmad Sunanto, MM, MH. Hingga saat ini Dora mengaku RABS telah menangani puluhan kasus,”urai Dora.

Dora berkisah, selama di pendidikan PKPA dirinya juga kenal dengan mantan Kajati Aceh ( IRDAM) yang sudah dianggap sebagai anak angkat hingga sekarang. Beliau adalah senior advice bagi Dora dalam provesi advokat.

Sedangkan pak Dahrin (Athian) Dora sudah menganggap sebagai kakak angkatnya dan selalu mensuportnya hingga saat ini.

“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” Dora menutup obrolan malam itu dengan wisdom mengutip ayat Alkitab dari Kolose 3:23. 

Theodora Amfotis,S.H., Advokat pada RABS Lawfirm International, Jakarta (Foto: Dese Dominikus Lewuk)

SEKILAS TENTANG RABS INTERNATIONAL LAWFIRM

Rabs International Lawfirm adalah Advokat Profesional yang memiliki Lawyer/ Advokat Berintegritas Dan Berpengalaman Berhasil Dalam Menangani Berbagai Perkara Hukum Pidana – Perdata. Kami memberikan Layanan Jasa Advokasi, Konsultasi Seputar Hukum Pidana – Perdata, Eksekusi Hak Tanggungan, Merger & Akuisisi, Hubungan Industrial, Korupsi, Jual-Beli Properti, Ketenagakerjaan, Pendapat Hukum, Penyusunan Kontrak, Kepailitan Dan Hak Kekayaan Intelektual.

TERPERCAYA
Kami memiliki advokat yang amanah dalam melaksanakan kepercayaan klien dan memiliki kemampuan dan pengalaman yang sudah mumpuni di bidang hukum sehingga masalah anda cepat terselesaikan.

PENGETAHUAN
Pemahaman terhadap seseorang atau sesuatu seperti fakta dan informasi yang didapatkan melalui pengalaman.

BERPENGALAMAN
Koordinator Strategi Hukum Yang Bertugas Mengatur Mulai Konsultasi, Isi Gugatan, Sampai Menunjuk Tim Kuasa Hukum Yang Tepat Dalam Menangani Perkara Anda, Terdiri Dari Beberapa Ahli Hukum Yang Berpengalaman Lebih Dari 10 Tahun Di Bidang Pidana & Perdata.

PROFESIONAL
Kami mengupayakan yang terbaik untuk menyediakan dan memberikan layanan hukum yang sangat baik kepada klien kami.

Di RABS terdapat mantan Purn Polisi dengan kualitas yang mempuni, mantan jaksa,mantan hakim, pebisnis dan banyak senior advice.

HEAD OFFICE : Ruko ITC Roxy Mas Blok B1 No. 16. Jl. K.H. Hasyim Ashari, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat 10150.

** Penulis/Editor : Dese Dominikus.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *