banner 728x250

Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian Dorong Seluruh Pengurus dan Kader Menyusun Program Kerja Berciri Khas Gerakan PKK

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (10/12/2021). sumber foto: kemendagri
banner 120x600
banner 468x60

Sinergi Pemerintah

Sinergisatu.com (Jakarta) – Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, dan Sosial merupakan empat (4) komponen (inti) program yang didorong oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bagi seluruh kader dan pengurus di seluruh daerah. Adapun, kegiatan-kegiatan tersebut seluruh pengurus dapat menyusun program kegiatan dengan mencakup empat komponen tersebut selaran dengan 10 program pokok PKK.

banner 325x300

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (10/12/2021).

TP PKK kata Tri Tito Karnavian, akan menentukan program prioritas yang masih berkaitan dengan fungsi dari empat Kelompok Kerja (Pokja) TP PKK. Program prioritas tersebut yaitu, pola asuh dalam keluarga, peningkatan pendapatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, dan kesehatan dasar keluarga.

“Pada akhirnya, dari keempat program prioritas tersebut, harus dapat kita tentukan jenis program yang berciri khas Gerakan PKK, yang akan menjadi identitas program yang dikelola dari dan oleh Tim Penggerak PKK,” urai pehobi daving bernama lengkap Tri Suswati,yang tak lain istri Mendagri Muhammad Tito Karnavian ini.

Tri Tito Karnavian yang juga Ketua Umum Wanita Selam Indonesia (WASI) ini menjelaskan, keempat komponen program yang memiliki ciri khas Gerakan PKK itu di antaranya, Program Pendidikan Karakter Keluarga melalui Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI).

“Program ini bertujuan untuk membentuk karakter orang per orang dalam keluarga, perilaku hidup dalam keluarga yang taat dan patuh pada ajaran agamanya, keluarga yang berakhlak mulia, dengan penanggung jawab Pokja Satu,” paparnya.

Lanjut dia, program lainnya,yakni Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi).

“Program ini untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat, semangat, dan keterampilan keluarga dalam bidang usaha ekonomi produktif dengan memanfaatkan potensi sumberdaya lokal, dengan penanggung jawab Pokja Dua,” tutur Tri.

Adapun, program lainnya, program lainnya, sambung Tri, yaitu Aku Hatinya – PKK (Gerakan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman). “Kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam sayur-sayuran, perikanan, dan peternakan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, dengan penanggung jawab Pokja Tiga,” imbuhnya.

Selain itu ada juga program Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana).

“Melalui program kesehatan dasar keluarga ini, TP PKK tidak melakukan program teknis kesehatan, tetapi lebih dititikberatkan pada upaya penggerakan peran serta masyarakat dan penyuluhan mengenai kesehatan dasar keluarga, penanggung jawabnya Pokja Empat,” terangnya.

Istri Mendagri Muhammad Tito Karnavian ini menjelaskan, keempat program tersebut berperan dalam mencegah stunting melalui pola penajaman pendampingan kepada para ibu hamil maupun anak-anak yang berpotensi mengalami stunting, yang merupakan salah satu dari 9 program prioritas pemerintah.

“Jadi, dengan melalui pola penajaman prioritas itu, pada akhirnya dapat terkelola sebuah program atau kegiatan yang melibatkan secara utuh dan menyeluruh kelembagaan TP PKK,” kata Tri Tito Karnavian dilansir laman berita kemendagri, Jumat (10/12/2021).

Di lain sisi, lanjut Tri, keempat program tersebut harus didukung dengan adanya Sistem Kesekretariatan TP PKK yang andal dan berfungsi sebagai Satuan Adminstrasi Pangkal (Satminkal).

“Dari Sekretariat Tim Penggerak PKK inilah akan dikelola sejumlah data dan informasi yang dikemas dalam Sistem Informasi Manajemen PKK,” tutup Ibu dari tiga anak, yakni Opan,Angga dan Via tersebut. ** (dese lewuk).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *