banner 728x250

Kelompok Tani Desa Wolotolo Sukses Kembangkan Tanaman Pangan

banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-Petani di desa Wolotolo,Kecamatan Detusoko,Kabupaten Ende, sukses mengembangkan tanaman tomat. Sukses ini diapresiasi oleh Yayasan Tananua karena dinilai sukses hasilnya bagus.

Karena itu, Yayasan Tananua mengapresiasi kolaborasi yang dibangun oleh kepala desa dan kelompok tani di Desa Wolotolo, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

banner 325x300

Adapun, Bernadus Sambut, Direktur Yayasan Tananua menyatakan, peningkatan ketaguhan dan ketahanan pangan melawan perubahan iklim dan kondisi saat ini yang rawan bencana menjadi keharusan.

Yayasan Tananua mengambil inisiatif untuk memperkuat ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi lokal dengan melibatkan ibu-ibu di pedesaan dan warga desa yang bisa berkolaborasi secara baik.

“Wolotolo menjadi contoh sukses untuk program ini. Kami bergerak di 6 desa, dan Wolotolo adalah yang paling sukses,” katanya dilansir laman web suluhdesa <Rabu (25/10/2023).

Panen raya demplot kebun tomat ini dihadiri juga oleh Camat Detusoko, perwakilan dinas pertanian pemkab Ende, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Kepala Desa Wolotolo Frans Desales Soba mengatakan, panen perdana selaras dengan tradisi dan budaya orang Lio yang selalu merayakan panen pertama.

Dia mengapresiasi program Tananua karena mampu mentrasfer ilmu untuk petani dalam budidaya tanaman tomat secara permanen dan semi-permanen.
“Kami mengalami secara langsung cara budidaya ini menambah produksi tomat,” ujarnya.

Dalam hal pengembangan ini, Yayasan Tananua mengambil inisiatif untuk memperkuat ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi lokal dengan melibatkan ibu-ibu di pedesaan dan warga desa yang bisa berkolaborasi secara baik.

Adapun, inisiatif ini untuk memperkuat ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi lokal dengan melibatkan ibu-ibu di pedesaan dan warga desa yang bisa berkolaborasi secara baik.**

Sumber : suluh desa/editor : DS.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *