banner 728x250

Jokowi Dikabarkan Siapkan 4 Provinsi Baru di NTT, Ini Daftarnya  

banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM-  Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan pemekaran provinsi baru di Nusa Tenggara Timur.

Until diketahui bahwa, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi di Indonesia kepulauan yang terletak di bagian tenggara kepulauan Nusa Tenggara.

banner 325x300

Di Provinsi ini terdiri dari lebih dari 500 pulau, dengan pulau-pulau utama yaitu Flores, Sumba, Timor Barat, dan Alor.

NTT dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, kekayaan budayanya yang unik, serta potensi pariwisata yang besar.

Jika program pemekaran ini jadi maka ;Dalam waktu dekat, kita tidak akan mendengar lagi nama Nusa Tenggara Timur atau Flobamora yang merupakan gabungan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor.

Dilansir dari berbagai sumber tidak lama lagi Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan pemekaran provinsi baru di Nusa Tenggara Timur.

Tidak tanggung-tanggung, akan ada empat provinsi baru hasil pemekaran ini.

Ada beberapa nama provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah menjadi identitas kita akan digantikan dengan nama provinsi baru.

Tentu Sana,  kebijakan pemekaran wilayah ini sudah melalui pertimbangan dan kajian yang matang.

Di mana pemekaran wilayah diharapkan dapat membantu pembangunan serta kemajuan yang lebih merata di setiap kabupaten.

Melansir dari YouTube pada Minggu, 19 Mei 2024, berikut adalah empat provinsi baru yang menggantikan Nusa Tenggara Timur:

1. Provinsi Sumba Sabu Raijua

Beribu kota di Waingapu, Sumba Timur. Kabupaten yang tergabung di provinsi ini adalah Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Timur, dan Kabupaten Sabu Raijua.

Kawasa ini juga akan memiliki tiga kabupaten baru, yaitu Kabupaten Sumba Timur Jaya, Sumba Selatan, dan Kabupaten Pohu Ngalodu, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sumba Timur. Jumlah penduduk provinsi ini berjumlah 924.950 jiwa pada Juni 2023.

2. Provinsi Timor Barat

Adapun Provinsi baru ini akan mencakup Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Karena syarat utama menjadi sebuah provinsi adalah memiliki minimal lima kabupaten, maka akan ada satu kabupaten baru lagi yaitu Kabupaten Amanatun, dengan Atambua sebagai ibu kota provinsi Timor Barat.

3. Provinsi Kepulauan Flores

Provinsi ini akan menjadi yang terbesar dengan jumlah kabupaten terbanyak, mencakup Kabupaten Flores, Kabupaten Lembata, dan calon kabupaten baru yaitu Kabupaten Adonara.

Kota Maumere akan menjadi ibu kota provinsi Kepulauan Flores. Jumlah penduduk di provinsi ini tercatat 2.274.211 jiwa pada Juni 2023.

4. Provinsi Kupang Raya:

Wilayah ini akan mencakup Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Alor, serta dua kabupaten baru yaitu Kabupaten Amoang dan Kabupaten Pantar di Alor.

Dengan demikian, wilayah ini akan berganti nama dari Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi Provinsi Kupang Raya. * Dari berbagai simber. (DS).

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *