banner 728x250
BERITA  

HUT RI ke-77, Komandan Kodim 1603/Sikka Berharap Semangat “Pulih dan Bangkit” Meningkatkan SDM Kabupaten Sikka

Komandan Kodim 1603/Sikka, Letkol Inf Muhammad Jafar (irma)
banner 120x600
banner 468x60

MAUMERE- Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-77 di masa Pandemi Covid-19 tahun 2022 ini ekonomi nasional kita kembali normal sesuai dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” dapat terwujud.

Harapan tersebut disampaikan Dandim Kodim 1603/Sikka, Letkol Infantri Muhammad Jafar. Menurutnya, peringatan HUT ke-77 tahun 2022 tahun ini memiliki makna yang sangat luas. Sedikitnya ada 7 (tujuh) simbol yang dituangkan dalam logo memiliki nilai fundamental sebagaimana tema umum “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

banner 325x300

Pertama, Dua Panah ke atas yang menandakan peredpatan dan pergerakan pebangunan pasa Pandei Covid-19. Percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Harapan kami dari Kodim 1603/Sikka akan ‘Pulih Lebih Cepat’ bahwa masyarakat terutama di Kabupaten Sikka pun cepat bangkit dan dalam pemulihan ekonomi nasional pada pasca Pandemi COVID-19. Kita harus ‘Bangkit lebih kuat’ artinya bahwa kita harus punya presepsi bahwa orang kuat adalah tidak mudah kalah atau menyerah. Seberapapun badai yang dihadapinya namun kalau dia kuat maka tetap bertahan,” kata Dandim 1603/Sikka, Letkol Inf Muhammad Jafar kepada media ini di Maumere, Selasa (9/8/2022).

Oleh karena itu, tema “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” diharapkan masyarakat ini lebih kuat dalam membangun jati dirinya sebagai masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sikka bangkit perekonomiannya secara mandiri, kesejahteraan masyarakat pun lebih meningkat.

Selanjutnjya, pada Dua Anak Tangga itu menunjukan Progres dan Pembangunan yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat pun diharapkan tercapai dala pemerataan dan keadilan bagi teriptanya pebangunan di segala bidang termasuk sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang Unggul.

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.” Kami (Kodim 1603/Sikka pun sangat berharap ada peningakatan kesejahteraan bagi asyarakat Indonesia uunya dan Sikka pada khususnya menapaki Anak Tangga secara perlahan pulih dan bangkit sejahtera bersama,” urai Dandim 1603/Sikka itu.

Dijelaskan, soal seberapa besar peran Kodim 1603/Sikka dalam mengedukasi genersai muda dalam mempertahankan bangsa, Dandim menerangkan pihaknya selalu menyelenggarakan program sosialisasi bela negara dan cinta akan Tanah Air atau Bangsa kepada generasi muda baik tingkat Sekolah Menengah Pertama, SLTA hingga kaum muda pada umumnya di setiap tingkat wilayah ,Desa dan Kecamatan sewilayah Kodim 1603/Sikka.

“Saya kira ini sangat penting. Karena dalam jati diri TNI ini tentunya ada sikap atau perbuatan yang tegas dalam menjaga kemanan negara. Situasi saat ini yang harus ditanamkan kepada generasi muda, dimanapun kita berada, harus Cinta Terhadap Tanah Air. Pesan itu yang selalu kami sapaikan kepada generasi muda dimana TNI bertugas khususnya di Kodim 1603/Sikka,” bebernya.

Lanjutnya, para nenek moyang pahlawan bangsa dan founding father Negara ini telah banyak berkorban untuk meraih kemenangan, kemerdekaan bangsa ini bagi masyarakat yang ditunjukan dengan memproklamirkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 atau 77 tahun silam.

“Perjuangan para pendahulu kita harus kita hargai, kita pupuk dan rawat bersama sebagai satu Bangsa yang majemuk namun mampu menyatukan beragam suku dan budaya sewilayah Nusantara. Selama hampir 77 tahun masyarakat Indonesia hidup rukun,damai,dan sejehterah. Mari,kita bersama-sama ciptakan suasana kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dan negara yang damai,aman sehingga lancar melakukan aktivitas sebagaimana biasanya,” ujarnya mengajak.

Soal peran Kodim 1603/Sikka, Letkol Infantri Muhammad Jafar menjelaskan, bahwa tugas dan peran Kodim adalah menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan.

“Tugas kami TNI terutama Kodim 1603/Sikka selain menyelenggarakan pembinaan teritorial juga menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam/Korem,” tegasnya.

Dalam rangka itu sambung Muhammad Jafar, pihaknya menyelenggarakan program edukasi atau pendidikan bela negara bagi kaum muda mulai dari tingkat SMP,SMA/Sederajat serta pemuda Karang Taruna,serta bergai organisasi kepemudaan termasuk mahasiswa di Kabupaten Sikka.

Dandim 1603/Sikka Lektol Inf Muhammad Jafar memimpin langsung kegiatan Komunikasi Sosial Dengan Komponen Masyarakat Kodim 1603/Sikka Tahun 2022.

“Untuk tahun ini (2022) tepatnya tanggal 3 Agustus pekan lalu Kodim 1603/Sikka menyelenggarakan kegiatan komunikasi kosial dengan komponen masyarakat Kodim 1603/Sikka dengan materi dengan tema Generasi Muda Sebagai Wirausaha Milenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan,” kata Dandim 1603/Sikka itu.

Kegiatan ini menghadirkan unsur pimpinan seperti GMIT Kalvari Pdt. Dhyana Babys, Kadis Perdagangan diwakili Yohanes B, Ketua MUI H. Ihsan Wahab., Perwakilan ibu-ibu Persit Kodim 1603/Sikka, Para Purnawirawan, Para Warakawuri, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda kabupaten Sikka.

Nah, kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada komponen masyarakat agar lebih memahami kerelaan untuk berkorban jiwa dan raga demi kepentingan yang lebih besar atau demi negara dan bangsa.

“Harapan kami Keluarga besar Kodim 1603/Sikka berkaitan dengan tema HUT RI Ke-77 yakni ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ meningkatnya sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Sikka ini semakin semakin sejahtera. Perekonoian semakin maju, Ketertiban dan Keamanan Nasional dapat berjalan dengan baik sehingga seluruh masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan aman,lancar, damai dan sejahterah,” tutup Letkol Infantri Muhammad Jafar. **

Penulis : Irma/Editor : Domi Dese Lewuk.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *