banner 728x250

Hari Film Nasional 2022, Para Sineas Optimis dengan Masa Depan Perfilman Indonesia

Diskusi Hari Film Nasional 2022 : Shanty Harmayn, Ernest Prakasa, Mira Lesmana, dan Muhammad Zaidy dalam diskusi Hari Film Nasional 2022 di program On the Scene. Dok. Netflix.
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU-JAKARTA-Ketua Komite Festifal Filim Indonesia, Reza Rahadian mengaku bangga akan perempuan-perempuan yang hebat dan luar biasa di negeri ini. Ia dengan bangga mengenalkan empat perempuan dari perfilman Indonesia yang akan bertugas sebagai wajah FFI hingga Malam Anugerah yang diadakan pada 22 November 2022 yang aan datang.

Mereka adalah Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon.

banner 325x300

“Ini adalah para Duta FFI, perempuan-perempuan hebat yang akan mengemban tugas sebagai juru bicara. Mereka akan mewartakan apa saja program-program FFI tahun ini,” kata Reza Rahadian dalam acara peluncuran FFI 2022 yang digelar secara daring pada Rabu, (30/3/2022)sebagaimana dikutip tempo.co.

Adapun, Cut Mini merupakan Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2016 dan kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik FFI 2019.

Sementara Marsha Timothy sebagai Pemenang Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik FFI 2018.

Selanjutnya, Prilly Latuconsina menjadi Pemenang Aktris Terfavorit Pilihan Penonton FFI 2021.

Sedangkan Shenina Cinnamon merupakan Nomine Pemeran Usama Perempuan Terbaik FFI 2021.

“Masing-masing figur punya nilainya sendiri-sendiri. Keempatnya bisa mewakili suara generasinya masing-masing. Pemilihan keempat duta ini adalah representasi dari wajah tema Festival Film Indonesia tahun ini yang bertemakan tentang Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa,”ujarnya.

Pemilihan empat aktris berprestasi ini sesuai dengan tema FFI tahun ini, yaitu Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa. Reza mengatakan perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran, sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber kelahiran karya.

“Kami hanya ingin memberikan apresiasi lebih terhadap peran perempuan di industri film,” kata Reza.

Lanjutnya, bahwa Ini merupakan tahun kedua bagi Prilly Latuconsina ditunjuk sebagai Duta FFI. Prilly menjadi Duta FFI 2021 bersama Tissa Biani, Angga Yunanda, dan Jefri Nichol. Kala itu, Tissa Biani menjadi Duta FFI selama dua tahun berturut-turut.

Reza mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari tradisi yang terus mereka lakukan agar dapat membagikan informasi lebih mudah khususnya mengenai tugas Duta FFI.

“Prilly adalah tongkat estafet dari keberadaan Duta Festival Film Indonesia. Jadi artinya, salah satu (dari Duta FFI tahun ini) nantinya pasti akan mewakili lagi di tahun depan,”ujarnya bangga.

Untuk diketahui, Festival Film Indonesia atau FFI 2022 diluncurkan tepat di Hari Film Nasional, Rabu, 30 Maret 2022. Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa merupakan tema umum festival dan tidak mengikat tema film-film yang akan berpartisipasi pada FFI tahun ini.

Diterangkan, pada tema melambangkan keindahan perempuan yang abadi, kata Karya melambangkan ciptaan yang lahir, dan kata Karsa melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan. **

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *