banner 728x250

Fransiscus Go dalam Survey Calon Gubernur NTT

Ir. Fransiscus Go,S.H,. Calon Gubernur NTT 2024 (Foto: Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

OLeh :  Simply da Flores

DINAMIKA bursa calon Gubernur NTT terus berkembang menuju Pilgub November 2024 nanti. Selain ada sosialisasi diri bakal calon, ada juga beberapa survey terhadap elektabilitas bacagub yang ada.

banner 325x300

Menarik bagi saya, ada semacam indikator dan aspek yang diharapkan ada pada sosok bakal calon gubernur. Misalnya tentang tingkat kecerdasan, kepribadian yang santun dan merakyat, kewibawaan dan kejujuran, ikon perubahan, bersih dan kredibel, religius dan berintegritas, juga memiliki prestasi dan pengalaman.

Dari sekian nama bacagub dengan skor persentasenya, ada nama Fransiskus Go juga mendapat sekitar 8% elektabilitas.

Kapasitas Sosok Pribadi Bacagub

Dalam tugas dan kewenangan seorang pejabat daerah, Gubernur dan Bupati, sudah diatur dalam undang-undang otonomi daerah serta keputusan Menteri Dalam Negeri. Maka, untuk mengemban tugas sebagai Gubernur, diandalkan ada kapasitas handal untuk tanggungjawab tersebut.

Namun, jabatan gubernur dan Bupati/ Wali Kota dipilih langsung rakyat, dari calon yang dimajukan Parpol yang berhak. Maka, Parpol memiliki indikator bacagub serta aneka pertimbangan lain, sehingga diusung calon tertentu.

Sedangkan masyarakat yang mempunyai hak pilih serta rakyat di wilayah bersangkutan, hanya mampu memilih dari sosok yang dicalonkan Parpol. Meskipun ada sosok lain yang diandalkan, namun aturannya sering tak mampu diakomodir rakyat.

Dengan demikian, soal kapasitas sosok bacagub seperti dalam survey publik maupun harapan rakyat, sering jauh berbeda dengan yang diputuskan Parpol pengusung. Maka, bacagub tergantung indikator kelayakan survey Parpol serta kebijakan internal Parpol pengusung; baik orang dalam Parpol atau sosok dari luar Parpol.

Sosok Pribadi Franciskus Go

Sebagai masyarakat umum, saya mau catat tiga hal berikut tentang sosok Fransiscus Go, dalam konteks survey bacagub NTT.

Pertama , sosok pribadi Fransiscus Go memiliki kapasitas unggul dalam semua aspek survey yang dicatat di atas. Rekam jejaknya sebagai enterpreneur saat ini adalah fakta pengalaman yang mengasah pribadinya memiliki kapasitas handal dengan manajemen profesional untuk bekerja cerdas dan inovatif.

Kedua, Fransiscus Go memiliki relasi yang baik dan luas dengan berbagai pihak. Beliau membangun kemitraan dengan pihak pemerintah, organisasi swasta dan profesi, Parpol dan jurnalis, serta masyarakat luas di NTT, di perantauan dan luar negeri.

Ketiga , saya berharap dan yakin bahwa Parpol di NTT memiliki komitmen untuk melakukan terobosan dan perubahan, dalam membangun kemajuan kesejahteraan masyarakat Flobamora di era digital milenial ini. Maka, sosok Fransiscus Go adalah pribadi potensial dari kalangan enterpreneur, yang bisa dipercaya Parpol dan didukung rakyat untuk diusung sebagai calon. Gubernur NTT.

Kiranya harapan dan suara kami masyarakat ini dapat didengar dan diakomodir Parpol yang ada di NTT. Masyarakat Flobamora di zaman digital milenial ini, membutuhkan sosok dan kapasitas seperti Fransiscus Go, untuk memimpin pembangunan NTT ke depan. Semoga. **

*)Penulis  adalah pemerhati masalah sosial politik dan budaya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *