banner 728x250

Emanuel Herdiyanto : Menjadi Suara Rakyat dalam Pemerintahan

Emanuel Herdiyanto Moat Gleko,SH.,MH, Bacaleg DPR RI Partai Perindo Dapil NTT 1 meliputi Pulau Alor, Lembata,dan Flores : Alor,Lembata,Flores Timur,Sikka,Ende, Ngada, Nagekeo,Manggarai Barat,Manggarai Tengah,dan Manggarai Timur
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM (JAKARTA) -Lahir di Kewapante, Kabupaten Sikka 14 Desember 1981. Oleh kedua orang tuanya diberi nama Emanuel Herdiyanto Moat Gleko. Menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah atas di kota yang sama (Maumere). Eman, demikian ia disapa melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Katolik Atma Jaya Makasar,Sulaqwesi Selatan.

Dirinya bergabung dengan organisasi kemahasiswaan di Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Makasar. Selama dua periode dirinya menjadi Ketua PMKRI Cabang Makasar. Jabatan ini dipegangnya selama menuntut ilmu di kota Makasar.

banner 325x300

Setelah lulus dari Fakultas Hukum di Unika Atma Jaya Makasar, Eman mengikuti jejak seniornya, yang juga mantan Ketua PMKRI Cabang Makasar, Stefanus Roy Rening yang sejak tahun 1990 an telah merintis karier sebagai advokat di Kota Metropolitan Jakarta.

Selama di Jakarta, Eman masih aktif di PMKRI hingga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Pusat.

Pria yang akrab disapa Emanuel Herdiyanto ini merupakan salah seorang advokat muda. Profesi advokat ditekuninya sejak berusia 26 tahun saat bergabung dengan Kantor Hukum Dr.Stefanus Roy Rening,S.H.,M.H & Parters (2007-2015).

Selama belasan tahun sebelum mendirikan Kantor Konsultan Hukum sendiri, Emanuel Herdiyanto telah malang melintang di dunia kerja. Mulai dari staf ahli lembaga kepemerintahan, guru,dosen, hingga wartawan pun digelutinya.

Emanuel Herdiyanto Moat Gleko, S.H.,M.H

“Perjalanan saya sebagai seorang aktivis ormas mahasiswa telah memberikan pengalaman yang berharga, baik dalam konteks internal maupun eksternal organisasi. Pengalaman-pengalaman ini telah melahirkan pemahaman yang mendalam tentang realitas sosial dan masyarakat yang memberikan dampak signifikan pada cara pandang saya,” tutur advokat muda Emanuel Herdiyanto kepada media ini.

Menurut mantan wartawan sebuah media online ini, bahwa sebagai seorang aktivis,perjalanan hidupnya telah ditebar dengan beragam kegiatan. Teman-teman sesama aktivis PMKRI di seluruh Indonesia terutama di NTT dan Flores khususnya dengan penuh optimis memberikan dukungan untuknya bila kelak ingin terjun di dunia politik praktis sebagai calon Anggota Legislator.

“Saya telah terlibat dalam merekrut mahasiswa Katolik agar menjadi bagian dari identitas Bayangkara gereja dan Nusa, serta berpartisipasi dalam berbagai gerakan sosial seperti diskusi dan demonstrasi. Bahkan, saya dengan tulus dan sepenuh hati telah mengabdikan waktu selama 8 tahun sebagai aktivis PMKRI. Setelah mengakhiri peran saya dalam perhimpunan tersebut, saya mencoba mengaplikasikan diri dalam beberapa profesi dan pekerjaan,” tutur Eman dalam sebuh perbincangan dengan media ini.

Eman sendiri telah bekerja di sejumlah bidang,seperti wartawan, dosen,maupun staf ahli di sebuah lembaga pemerintah yakni di Kementerian Desa. Namun, pada akhirnya ia memutuskan untuk menekuni profesi di bidang pengacara/advokat.

“Pekerjaan ini telah membuka pintu bagi petualangan dan tantangan yang menarik. Dari  semua pengalaman yang saya rasakan, maka saya pun yakin bahwa tugas sebagai kader gereja harus dilanjutkan ke medan praktis, yang nyata dalam memberikan manfaat bagi rakyat,” urainya.

Masih kata dia, bahwa sebagai seorang intelektual, dirinya berpegang teguh akan prinsip intelektual populis. Dan, sebagai seorang aktivis, ia selalu setia dengan kesadaran perlawanan terhadap ketidakadilan.

“Bagi saya, memilih untuk maju dalam dunia politik adalah pilihan yang tepat karena saya memiliki kapasitas untuk menjalankan tugas tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, meski demikian, politik tidaklah seideal seperti yang dibayangkan oleh seorang aktivis, dan kekuatan politik memainkan peranan penting dalam hal ini.

“Politik adalah seni yang sarat dengan drama, konflik, dan emosi yang kadang-kadang bisa membuat seseorang merasa jijik. Tetapi hal ini tetap menjadi rebutan oleh banyak orang.

Calon Anggota DPR RI Partai Perindo Dapil NTT 1, Emanuel Herdiyanto dan Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Sikka, Sabianus Nabu (Dese Lewuk)

Meskipun begitu, sebagai seorang aktivis, saya tetap berpegang pada idealisme yang harus saya jaga. Kita tidak harus hidup dalam dunia yang ideal, tetapi kita harus memiliki idealisme,” imbuhnya.

Eman mengaku, bahwa dalam menjalankan perjuangan politik ia memiliki dua tesis yang menjadi pijakan.

“Pertama, saya bertanya kepada semua teman dan sahabat yang mengenal saya, Jika mereka berkata bahwa saya membuat pilihan yang tepat, maka saya yakin bahwa saya memiliki teman sejati dalam perjuangan merebut kursi politik ini,” pungkasnya.

Kedua, jika di suatu daerah terdapat tokoh yang dianggap sulit untuk dilawan, mengapa ketika dirinya menyatakan ingin maju sebagai calon anggota legislatif, berbagai macam respon pun muncul. Teman-teman sesama aktivis di PMKRI pun memberi dukungan kepadanya. “Ya,pastinya ada yang mendukung tapi mungkin juga ada yang belum,” katanya.

Dirinya mengakui, bahwa tidak semua orang di daerah tertentu sepenuhnya mendukung tokoh tokoh muda seperti dirinya. Karenanya, sebagai seorang aktivis, ia melihat hal ini sebagai langkah yang logis untuk bertarung dalam pemilihan umum.”

“Saya ingin menjadi suara bagi rakyat dalam pemerintahan. Saya ingin menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki untuk mewakili kepentingan mereka di tingkat legislatif,” tuturnya optimis.

Dari Kanan ke kiri : Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Watugong Alok Timur Sikka Se-Jabodetabek , Franky Lewang,Ketua DPD Partai Perindo Sikka, Bapak Sabinus, Emanuel Herdiyanto Moat Gleko, Bpk Crhis da Lopez, Elias Nyoman, Maxi dalam sebuah kesempatan di Jakarta (Foto: Domi Dese Lewuk)

Eman pun menyadari bahwa politik adalah arena yang penuh dengan tantangan. Namun demikian ia yakin bahwa dengan integritas, dedikasi, dan komitmen saya terhadap perjuangan melawan ketidakadilan. “Saya harus dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat,” ujarnya.

Ingin menciptakan masyarakat adil,inklusif dan berkelanjutan

Emanuel Herdiyanto mengatakan, bahwa visi besarnya yang akan diemban bahkan direalisasikan adalah “menciptakan masyarakat yang lebih adil, inklusif, dan berkelanjutan”. “Saya ingin memperjuangkan kebijakan yang memberikan kesempatan yang sama bagi setiap individu, tanpa memandang latar belakang mereka. Karena itu, saya pun percaya bahwa dengan pemikiran yang inovatif dan kolaborasi yang kuat, maka kita dapat mengatasi berbagai masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihadapi oleh negara ini,” ujar Eman.

Advokat muda ini mengatakan, bahwa sebagai seorang calon anggota DPR RI, ia berjanji untuk mendengarkan suara rakyat. Menjadi wakil yang setia, dan bekerja keras untuk mewujudkan perubahan yang positif.

“Saya akan berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat sektor ekonomi yang inklusif, memajukan isu-isu lingkungan, dan memperjuangkan hak asasi manusia serta keadilan sosial,” katanya lagi.

Optimis dan maksimal

Dalam politik, tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi saya siap menghadapi tantangan dan bekerja tanpa lelah untuk mencapai tujuan-tujuan yang saya percaya.

“Meski demikian, saya ingin menginspirasi generasi muda untuk berpartisipasi dalam politik, untuk tidak takut mengemukakan pendapat mereka, dan untuk menjadi agen perubahan yang positif. Oleh saya dengan penuh keyakinan mengajukan diri sebagai calon anggota DPR RI,” tuturnya.

“Saya siap untuk melayani rakyat dan menjadi suara mereka dalam proses pengambilan keputusan di tingkat legislatif. Maksimal berjuang untuk kepentingan masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka, dan memperjuangkan kebijakan yang menguntungkan dan inklusif,” ungkap Eman.

Biodata Singkat

Ia sendiri yakin, bahwa dengan latar belakang dan pengalaman sebagai seorang aktivis yang telah terlibat dalam berbagai gerakan sosial, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang isu-isu yang dihadapi oleh masyarakat. Karena itu,dia akan menggunakan pengetahuan dan wawasan yang dimilikinya guna mengatasi masalah-masalah tersebut. Pastinya akan terus mendorong perubahan yang positif dalam sistem politik dan sosial.

Selain itu, sebagai seorang intelektual populis, saya berkomitmen untuk menjadi suara rakyat yang terdengar di tingkat DPR RI. Dia akan memperjuangkan keadilan, kesetaraan, dan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Tentunya harus dengan kerja keras guna  memperjuangkan kebijakan yang meratakan kesenjangan sosial, meningkatkan akses terhadap layanan publik yang berkualitas, dan menciptakan peluang ekonomi bagi semua lapisan masyarakat.

Eman sadar, bahwa politik adalah panggung yang kompleks dan penuh dengan tantangan. Namun, saya percaya bahwa dengan dedikasi, integritas, dan semangat perjuangan, kita dapat merubah dan memperbaiki sistem politik yang ada.

“Saya akan tetap berfokus pada kepentingan rakyat dan mempertahankan idealisme saya dengan berpegang pada prinsip – prinsip etika dan moral.”

“Dalam rangka mencapai tujuan ini, saya berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak, baik di dalam maupun di luar DPR RI, untuk menciptakan perubahan yang positif. Bersinergi membangun jaringan kerja yang kuat, berkolaborasi dengan sesama anggota DPR, dan berinteraksi dengan masyarakat secara aktif untuk mendapatkan masukan dan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan mereka.”

Dikisahkan, bahwa maju sebagai calon anggota DPR RI bukanlah pilihan yang mudah dan bukanlah tujuan akhir baginya. Akan tetapi, ini adalah panggilan yang harus dijawab karena merupakan awal dari perjalanan panjang untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat dan Negara.

“Saya percaya bahwa dengan dedikasi dan kerja keras, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi negara kita dan menghadirkan perubahan positif yang kita butuhkan untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik,” jelasnya lagi.

“Saat ini, saya membutuhkan dukungan dan kepercayaan dari masyarakat untuk melangkah maju. Saya mengundang semua warga negara untuk bergabung dalam perjuangan ini, mendukung saya dalam pencalonan dan memberikan suara pada saat pemilihan. Ayo, bersama-sama, kita dapat menjadikan DPR RI sebagai lembaga yang mewakili kepentingan rakyat dan berperan aktif dalam mendorong perubahan positif,” janji Emanuel.

“Saya berkomitmen untuk bekerja keras, jujur, dan penuh dedikasi dalam melayani rakyat dan memperjuangkan kepentingan bersama. Mari bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik bagi negara kita,” ajaknya.

Untuk diketahui, Advokat muda,Emanuel Herdiyanto Moat Gleko,SH.,MH adalah bakal calon Anggota DPR RI Partai Perindo di dapil NTT 1 pada Pemilu 2024 mendatang.

Saat ini Eman telah terdaftar sebagai bakaln calon anggota Legislatif yang oleh Partai Perindo telah menyerahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) 14 Mei 2023 yang lalu.

Emanuel Herdiyanto melanjutkan perjuangan Dr.Stefanus Roy Rening,SH.MH sebagai calon Anggota DPR RI dari Partai Perindo. **

Editor : Domi Dese Lewuk.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *