banner 728x250

Dirjen IKP Kominfo : Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo

Usman Kasong,Dirjen IKP Kominfo (Itimewa)
banner 120x600
banner 468x60

Sinergisatu.com-Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo,Usman Kansong mengatakan, penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia mencakup persiapan dan pertemuan sepanjang tahun yang terdiri dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT, Pertemuan Tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral, Sherpa Track, Finance Track, pertemuan tingkat deputi, working group, dan engagement group.

Adapun kata Kasong, dari rangkaian kegiatan tersebut, salah satu yang diminta Presiden Joko Widodo agar apa yang dibicarakan harus konkret dan membawa manfaat, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

banner 325x300

“Komunikasi publiknya pun harus membumi karena memang ada anggapan umum bahwa isu-isu Presidensi G20 bersifat elitis. Karena itu kita harus membumikannya,” kata Dirjen IKP Kementerian Kominfo pada acara Kick Off Meeting Ikatan Pranata Humas dengan Tema “GPR Together, GPR Stronger”, yang berlangsung virtual dari Jakarta Pusat, Sabtu (29/1/2022).

Menurut Dirjen Usman, Kementerian Kominfo sudah meluncurkan G-20 Pedia yang bisa diakses di Indonesia.id. untuk melibatkan masyarakat dan menjangkau masyarakat dengan informasi tentang G-20.

“Akan banyak agenda sepanjang Presidensi G-20. Saya harap rekan-rekan semua secara konsisten mengamplifikasi dan mendiseminasi informasi untuk setiap isu yang diangkat maupun kegiatan yang diselenggarakan. Kalau boleh saya meminta Iprahumas dapat menyisipkan satu rubrik khusus G-20 di Kanal Iprahumas yang tayang mingguan,” ujarnya berharap.

Ia menjelaskan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menggaungkan Presidensi G20 di instansi masing-masing, melalui pemasangan baliho, spanduk, umbul-umbul dan segala bentuk komunikasi luar ruangan.
“Bahkan kami di Kominfo juga sudah meng-approach sejumlah start up. Kita sudah bicara dengan Gojek agar mitra driver Gojek ada logo G20 di helm. Ini adalah upaya untuk mengaungkan G-20,” bebernya.
Meskipun demikian, kata dia, agar perlu mengantisipasi berbagai kemungkinan mulai dari agenda, isu prioritas hingga isu-isu krusial media sosial.
“Untuk itu kita perlu memahami hal-hal yang perlu kita lakukan dan hal-hal yang perlu kita waspadai. Presidensi G20 adalah nation branding. Dan salah satu tugas Humas apalagi Humas Pemerintah adalah melakukan nation branding. Kesuksesan keketuan dan penyelenggaraan terletak pada peran dan kontribusi kita semua,” katanya lagi.
Hadir dalam acara tersebut secara virtual, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Muharram Marzuki; Deputi IV Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro; Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Alex Denni; Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama; serta Kepala Biro Humas Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto.
Hadir secara langsung Ketua Umum Iprahumas, 2016-2018, Endah Kartikawati; Ketua Umum Iprahumas 2019-2021, Meilani; dan Ketua Umum Iprahumas 2022-2024, Thoriq Ramadhani. Sedangkan anggota Iprahumas ada yang hadir secara online maupun offline.** (Berita Kominfo).

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *