banner 728x250

Delapan Fraksi DPR Menolak Usulan Terkait RUU DKI Khusus Jakarta

banner 120x600
banner 468x60

SINERGISTU.COM,Jakarta– Sembilan (9) Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat telah telah menyatakan sikap terkait draf RUU Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Adapun draf tersebut memuat usulan gubernur dan wakil gubernur DKJ dipilih oleh Presiden dengan usulan DPRD.

banner 325x300

Delapan fraksi menolak usulan tersebut, yakni PDIP, Golkar, PKS, Nasdem, PKB, PPP, PAN dan Demokrat. Fraksi Gerindra menjadi satu-satunya yang menyetujui.

Anggota Badan Legislasi (Baleg) dari Fraksi Gerindra, Heri Gunawan, mengatakan mekanisme tersebut untuk mengakomodasi usulan Bamus Suku Betawi beberapa waktu lalu.

Sedangkan delapan fraksi penolak beralasan antara lain, pemilihan langsung adalah praktik demokrasi yang harus dipertahankan, dan penunjukan oleh presiden berpotensi menyuburkan KKN. Pemerintah melalui Mendagri, Tito Karnavian, juga menolak usulan tersebut.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR RI hari ini mengesahkan RUU tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) menjadi usul inisiatif DPR. Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus menyebutkan delapan fraksi menyetujui RUU DKJ untuk disahkan menjadi usul inisiatif DPR dengan catatan, sementara PKS menolak.

Sebelum pengesahan tersebut, kedelapan fraksi menyampaikan pandangan fraksi-nya secara tertulis kepada pimpinan DPR. Yakni, Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai NasDem, Fraksi PKB, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN dan Fraksi PPP. Sementara Fraksi PKS yang diwakili Hermanto memilih menyampaikan pandangan fraksi secara lisan. Ada beberapa catatan yang disampaikan Hermanto yang berisi tentang penolakan terhadap RUU DJK.*

Editor : Dese lewuk

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *