banner 728x250

CSWM UI dan GPTech SCUI Berkolaborasi Sosialisasikan Teknologi Daur Ulang Plastik Kepada Kaum Muda 

Suasana Kegiatan (Foto: Dok/Istimewa)
banner 120x600
banner 468x60

DEPOK,SINERGISATU.COM – Center for Sustainability and Waste Management Universitas Indonesia (CSWM UI) bersinergi dengan GPTech SCUI menggelar  workshop pengabdian masyarakat dengan tema “Teknologi Daur Ulang Plastik untuk mendukung Ekonomi Sirkular dan
Hidup Lestari”, Sabtu (25/11/2023).

Adapun, Workshop bertujuan meningkatkan kesadaran siswa SMA di Depok tentang hidup berkelanjutan dan ekonomi sirkular. Melalui kegiatan ini, siswa akan diperkenalkan dengan teknologi daur ulang plastik yang inovatif.

banner 325x300

Adapun, program ini bertujuan untuk menggugah partisipasi siswa dari berbagai sekolah, menciptakan dampak lingkungan yang positif secara luas, serta menanamkan nilai-nilai keberlanjutan untuk lingkungan yang berkelanjutan bagi generasi yang akan datang.

“Meskipun sampah plastik sering dipandang sebagai penyebab masalah lingkungan, namun plastik merupakan material yang efisien dan ramah lingkungan dalam proses produksinya. Hal itu karena membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan pembuatan bahan lain, memiliki berat yang ringan yang mengurangi konsumsi energi selama transportasi, dan memiliki potensi untuk didaur ulang,” kata Adam Febriyanto Nugraha, S.T., Ph.D., dosen terkemuka di bidang Teknik Material di Universitas Indonesia.

Suasana Diskusi

Disebutkan, bahwa kendalanya terletak pada pengelolaan limbah pasca pemakaian, di mana plastik yang tidak dikelola dengan baik menjadi sumber pencemaran. Namun, limbah plastik ini sejatinya memiliki nilai tersembunyi, karena dengan teknologi daur ulang yang tepat, plastik dapat diolah kembali menjadi sumber daya berharga.

Dalam kesempatan itu,  Adam Febriyanto Nugraha,  membahas pengelolaan sampah plastik dan peranannya dalam ekonomi sirkular. Sementara, Hadiyan Fariz Azhar, Pendiri & CEO Kibumi.id yang penuh inovasi, akan menjelaskan pentingnya daur ulang plastik dalam mendukung hidup berkelanjutan.

“Pemahaman ini penting, terutama bagi generasi muda, karena mereka adalah kunci untuk menciptakan perubahan perilaku yang positif dalam menjaga lingkungan. Melalui pendidikan dan kesadaran tentang teknologi daur ulang, kita dapat mengubah pandangan terhadap plastik dari menjadi masalah menjadi menjadi bagian dari solusi lingkungan”, ujar Adam.

Agenda acara mencakup talk show yang menarik, workshop interaktif dengan demonstrasi proses pembuatan plastik, pameran proyek mahasiswa teknik dari UI, serta tur mendalam di departemen Fakultas Teknik. **

Editor : Dommy Lewuk

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *