banner 728x250

Catat, Mulai Besok Kemenkominfo Hentikan Siaran TV Analog di 3 Wilayah Ini

Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam acara kick off ASO tahap I, 29 April 2022. (Sumber Foto: Biro Humas Kemenkominfo).
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,SINERGISATU.COM-Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran TV analog atau analog switch off (ASO). Adapun tahap pertama akan dimulai pada Sabtu 30 April 2022 pukul 24.00. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk segera beralih ke siaran TV digital agar terus dapat menikmati siaran TV.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Bahwa, penghentian tetap siaran TV analog tahap satu dimulai dari tiga wilayah siaran yang berada di tiga provinsi dan di delapan kabupaten/kota.

banner 325x300

Adapun, wilayah-wilayah tersebut yakni di Provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti. Kedua di wilayah siaran Nusa Tenggara Timur di tiga kabupaten yakni Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka. Ketiga di wilayah siaran Papua Barat tepatnya di kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

“Kepada masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital diharapkan segera memasang perangkat set top box agar bisa menerima siaran digital. Kepada masyarakat yang dikategorikan masyarakat miskin yang set top box atau perangkat konektornya disediakan sesuai amanat peraturan pemerintah, akan disediakan oleh penyelenggara multiplex yaitu LPP TVRI dan enam LPS,” imbau Johnny G. Plate dalam acara kick off ASO tahap I, Jumat (29/4/2022) yang lalu.

Menteri Johnny G Plate menyampaikan, bahwa kesiapan pembangunan infrastruktur multiplexing untuk tahap satu di 56 wilayah siaran dan 166 kabupaten/kota telah selesai dan siap digunakan.

Jadi, untuk penghentian tetap siaran TV analog tahap dua dan tiga, saat ini masih perlu dibangun 32 infrastruktur multiplexing yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan TVRI.

Dijelaskan, TVRI akan menyelesaikan pembangunan 17 infrastruktur, sementara Kemenkominfo menyelesaikan 15 infrastruktur.

“Akan siap analog switch off tahap dua dan siap pada saat siaran digital penuh pada 2 November 2022,” demikian tegas menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate. **

Editor : domi lewuk (koplingpolitik123@gmail.com).

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *