banner 728x250

Catat, 10 Provinsi Ini Harga Minyak Goreng Tertinggi, 3 Kota Lainnya Terendah

Mama Al, seorang Ibu Rumah Tangga dan pelaku UMKM (Foto: Dommy Lewuk)
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,SINERGISATU.COM-Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, harga sejumlah bahan pokok terutama minyak goreng sudah mulai merangkak naik.

PIHPSN (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional) mencatat per tanggal 19 Desember 2023, rata-rata harga minyak goreng (per kg) harian di pasar modern di beberapa provinsi telah menyentuh angka Rp 21,84 ribu per kg.

banner 325x300

Secara keseluruhan, rata-rata minggu ini naik dibandingkan rata-rata pekan lalu yang tercatat Rp. 21,78 ribu per kg.

Adapun, harga minyak goreng harian di pasar modern Lampung menjadi yang termahal se-Indonesia.

Di Pasar Modern Lampung harga jual minyak goreng tembus Rp 26.350 per kg. Harga tersebut jauh lebih mahal dibandingka sebulan yang lalu berada di angka Rp 17.850 per kg.

Sedangkan di pasar modern Sumatera Selatan, minyak goreng di wilayah ini dijual seharga Rp 25.500 per kg dan menjadi yang termahal kedua di dalam negeri.

Urutan ketiga terdapat di Bengkulu. Harga minyak di Provinsi ini pun tak kalah mahalnya. Per kg minyak goreng dibanroli seharga Rp 25.400 per kg.

Selanjutnya di Provinsi Sulawesi Selatan harga minyak goreng dijual Rp 24.950 per kg. Semnetara di Provinsi Maluku minyak goreng dijual dengan Rp 24.400 per kg.

Ilustrasi Kemasan Botol Mnyak Goreng (Istimewa)

Terdapat 19 Provinsi dengan penjualan harga minyak goreng di bawah rata-rata nasional. Tiga provinsi dengan harga jual minyak goreng terendah adalah Sulawesi Tengah, Kep. Riau dan Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Mama Al, salah seorang ibu rumah tangga yang ditemui sinergisatu.com di RT 08/RW 03/Kelurahan Pondok Bambu,Kecamatan Duren Sawit,Jakarta Timur,mengaku harga bahan pokok menjelang Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 memang sudah mulai mahal.

Istri dari Pak Tukimin,pedagang Rujak asal Cirebon ini berharap, pemerintah bisa membantu masyarakat agar harga bahan pokok utamanya minyak goreng setidaknya bisa menjangkau masyarakat terutama wong cilik,yang saat ini tengah menyambut Perayaan Natal.

“Sebagai rakyat kecil,saya berharap harga-harga pangan menjelang hari Raya apapun itu bisa ditekan,” imbuh Mama Al yang saat ditemui sedang memperisapkan sarapan bagi keluarganya.

Editor : Dese Dominikus.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *