banner 728x250

Capres No.2, Ganjar Pranowo Janji, Akan Perjuangkan Nasib Para Pahlawan Devisa 

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Pasar Induk Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.
banner 120x600
banner 468x60

SINERGISATU.COM,WONOSOBO – Janj-janji politik mulai ditebarkan oleh tiga pasangan capres-cawapres d musim kampanye pemilu 2024. Begitu banyak poin-poin janji memikat calon pemilih dari masing-masing kanddat.

Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo saat bkunjung ke Wonosobo, Senin (18/12/2023) mengatakan, program yang akan didorong jika dirinya terpilih menjadi presiden adalah meningkatkan kesejahteraan dan memberikan jaminan perlindungan hak kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hal itu dikatakan Ganjar Pranowo, bertepatan pada Hari Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember.

banner 325x300

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan, dalam visi misi Ganjar-Mahfud, jelas tertuang komitmen mereka untuk memberikan perlindungan kepada para pahlawan devisa. Tidak hanya program pelindungan hak pekerja dan peningkatan kesejahteraan, namun juga program peningkatan kualitas SDM dan kompetensi pekerja.

“Kami komunikasi dengan para pekerja migran cukup intens ya. Banyak keluhan-keluhan yang disampaikan soal legalitas, soal skill, sehingga kalau mereka nanti berangkat betul-betul mantap,” kata Ganjar ,dikutip MNCTrijaya.com.

Ganjar menginginkan adanya peningkatan kualitas dan kompetensi para pekerja migran. Hal itu pernah dia lakukan semasa dirinya menjabat sebagai Jawa Tengah. Ganjar pernah mengirimkan tenaga kerja terampil ke luar negeri untuk magang kerja, ke Ceko.

“Kita mesti siapkan ke depan pekerja migran yang kita kirim itu adalah skilled labour. Itu yang penting,” ujarnya.

Soal Pekerja Migran

Masih kata Ganjar, soal pekerja migran adalah masalah antarnegara. Sehingga, ke depan harus ada kerja sama internasional untuk memastikan pekerja migran terlindungi dan terbebas dari praktik perdagangan manusia.

“Satu lagi kontraknya juga mesti clear. Sehingga mereka betul-betul seorang profesional yang dijamin oleh regulasi dan perjanjian,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pasangan Ganjar-Mahfud mempunyai rekam jejak dalam hal komitmen terhadap perlindungan pekerja migran dan pencegahan perdagangan orang.
Misalnya, semasa menjadi gubernur Jawa Tengah, Ganajr aktif memperjuangkan nasib pekerja migran asal Ungaran bernama Satinah yang akhirnya bisa terbebas dari hukuman mati di Saudi Arabia.

Ia merupakan satu-satunya gubernur yang mendorong kebijakan di tingkat propinsi dalam memberikan perlindungan terhadap pekerja migran di sektor perikanan atau awak kapal (ABK).

Sedangkan calon wakil presiden, Mahfud MD juga berperan besar dalam upaya pencegahan perdagangan orang.

Di masa Keketuaan Indonesia untuk ASEAN tahun 2023, Mahfud MD berhasil mendorong adanya Deklarasi ASEAN mengenai Pencegahan Perdagangan Orang karena Penyalahgunaan Teknologi Digital.

Saat menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Anti Perdagangan Orang, Mahfud MD juga berhasil merevitalisasi upaya pemberantasan perdagangan orang melalui langkah-langkah penegakan hukum, sehingga ribuan kasus perdagangan orang di Indonesia bisa terbongkar. ** Timred.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *