banner 728x250

BPJS Kesehatan Wilayah Bali, NTT dan NTB Gelar Sosialisasi Program Rehab

Peserta JKN-KIS Program Rencana Pembayaran Bertahap ( REHAB )
banner 120x600
banner 468x60

MAUMERE,SINERGISATU.COM-Tahun ini (2022) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Nusa Tenggara (Bali,NTB dan NTT) menggelar Program JKN KIS di tiga wilayah setempat secara online dan fisik. Lembaga tersebut terus berupaya memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dengan meluncurkan Program Rencana Pembayaran Bertahap ( REHAB ) yang di peruntukan bagi peserta Segmen Pekerjaan Bukan Penerima Upah ( PBPU ) dan bukan Pekerja ( BP ).

Menurut Deputi Direksi BPJS Wilayah Bali, NTT dan NTB Agung Putu, Program ini dilatarbelakangi akibat rendahnya kemampuan untuk membayar iuran oleh peserta BPBU dan PB pada masa pandemi Covid-19.

banner 325x300

” Progam REHAB ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi peserta dalam melakukan pembayaran tunggakan iuran melalui mekanisme cicilan agar memberi kesempatan peserta untuk segera mengaktifkan kepesertaannya,” katanya di Maumere, selasa pekan lalu.

Dijelaskan Agung Putu, bahwa peserta yang dapat mengikuti Program REHAB adalah peserta yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan ( 4-24 bulan). Sedangkan untuk pendaftarannya dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165.

” Namun perlu di ingat, pendaftaran dapat di lakukan sampai dengan tanggal 28 Bulan berjalan, kecuali bulan Februari pendaftaran sampai dengan tanggal 27. Untuk maksimal periode pembayaran bertahap ini adalah setengah dari bulan menunggak, misalnya menunggak 4 bulan maka periode pembayaran maksimal 2 tahap. Status kepesertaannya akan kembali aktif setelah Selin tunggakan dan iruran bulan berjalan lunas,” jelasnya.

Caranya, kata Agung, untuk mengikuti program ini cukup dengan membuka aplikasi Mobile JKN kemudian pilih rencana pembayaran bertahap, selanjutnya akan muncul simuy tagihan pembayaran bertahap, pilih jangka waktu pembayaran, kemudian muncul rencana pembayaran tagihan bulan berjalan, tinggal pilih apakah pembayaran akan di bayar penuh atau bertahap, kemudian selsai.

” Intinya itu di baca kemudian di ikuti instruksinya. Download saja aplikasi mobile JKN karena banyak fitur-fitur yang lain yang dapat di manfaatkan,” ungkapnya.

Adapun, layanan yang di luncurkan BPJS kesehatan ini untuk memberikan kemudahan akses layanan serta mengakomodir harapan dan memenuhi kebutuhan peserta maupun pemaku kepentingan.

” Kami juga membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan hal bersama-sama mengawal berjalanya progam JKN- KIS dengan baik,” tutupnya ** (SS-05-IR).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *